1312 Mahasiswa Baru FISIP UB Kampanye Anti Radikalisme

Sorry, this entry is only available in Indonesian.

SIARAN PERS
19 Agustus  2022
Nomor 127/VIII/2022

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) menerima 1312 mahasiswa baru untuk tahun akademik 2022/2023. Pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), mereka melakukan kampanye anti radikalisme.

Mahasiswa baru membuat tulisan kampanye anti radikalisme secara spontan. Beberapa kata secara spontan muncul dari mereka seperti “radikalisme pemecah bangsa”, “Jangan sia-siakan masa mudamu” hingga “Radikalisme masih zaman?”.

Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi SH., M.Si mengungkapkan hal ini dilakukan FISIP untuk mengantisipasi sejak awal agar kasus yang menimpa mahasiswa HI beberapa waktu lalu tak terulang lagi.

“Kita tentu tidak ingin yang terjadi dulu kepada mahasiswa HI terulang lagi. Karena itulah, mahasiswa baru kami bekali pengetahuan tentang deradikalisasi,” ucapnya, Sabtu (20/8/2022).

Pemahaman tentang deradikalisasi pun diberikan sejak hari pertama PKKMB. Seminar tentang deradikaliasi diberikan dengan mendatangkan beberapa pemateri mulai dari MPR RI, dosen UB dan pihak kepolisian.

“Ini salah satu upaya kampus untuk mahasiswa baru agar tidak tumbuh sikap intoleran dan tidak bergabung dengan jaringan organisasi yang dilarang pemerintah,” sambung Sholih.

Pemahaman tentang deradikalisasi tidak hanya diberikan saat PKKMB saja, FISIP UB berencana akan mengadakan kegiatan berkelanjutan untuk mahasiswa baru.

“Setelah PKKMB ada student day. Beberapa materi tentang deradikalisasi akan diberikan kepada mahasiswa baru,” sambung Wakil Dekan 3 FISIP UB, Dr Bambang Dwi Prasetyo.

Kegiatan FISIP UB dalam mendukung pemerintah tidak hanya pada aspek deradikalisasi tapi juga pencegahan penyebaran Covid-19. Dr Bambang Dwi Prasetyo mengungkapkan peserta PKKMB FISIP kali ini diwajibkan sudah mendapatkan vaksin booster.

“Ini komitmen FISIP untuk membantu program pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap dosen Ilmu Komunikasi UB ini.

PKKMB FISIP 2022 ini adalah kali pertama setelah dua tahun proses pengenalan kehidupan kampus dilakukan secara tatap muka. Pada tahun 2020 dan 2021, semuanya dilakukan secara daring. Pada tahun akademik 2022 ini, FISIP UB menerima 1312 mahasiswa baru.

Mereka tersebar di enam program studi yang dimiliki yaitu Psikologi 293 mahasiswa baru, Ilmu Komunikasi 279 mahasiswa, Hubungan internasional 236 mahasiswa, Ilmu Politik 176 mahasiswa, Sosiologi 166 mahasiswa dan Ilmu Pemerintahan 166 mahasiswa.

Pada tahun akademik 2022/2023 ini, FISIP juga menerima 6 mahasiswa disabilitas. Jumlah ini adalah 50% dari 12 mahasiswa disabilitas yang diterima UB pada tahun ini.

“Ini komitmen FISIP untuk selalu terbuka pada teman teman difabel yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah,” pungkas Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi SH., M.Si. (Humas FISIP)

Contact Person:
Kotok Gurito, S.E.
Kepala Humas UB
0815-5551-110

Website       :   prasetya.ub.ac.id
Instagram    :   @univ.brawijaya
Twitter         :   @UB_Official
Facebook     :   @Universitas.Brawijaya.Official

  From Berita UB

 See also