Dua Kampus Belajar MBKM, Ini yang Ditawarkan FISIP UB

Dua hari berturut-turut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) mendapatkan kunjungan dari dua kampus negeri.

Selasa (7/12/2021) kunjungan dilakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura. Kemudian Rabu (8/12/2021), FISIP Universitas Padjadjaran melakukan hal yang serupa.

Dua kunjungan ini dilakukan salah satunya adalah menimba ilmu ke FISIP UB terkait penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pihak FISIP UB pun memberikan ilmunya terkait pelaksanaan MBKM selama ini.

Dekan FISIP UB, Dr Sholih Muadi SH., M.Si menjelaskan MBKM adalah program baru sehingga tim yang dibentuk di level fakultas bertugas menata ulang prosedur yang sudah ditentukan.

“Sebetulnya kita sudah melakukan lama kegiatan yang serupa seperti PKM atau KKN. Tapi ini harus direcognisi jumlahnya ke 20 SKS supaya mahasiswa dapat ilmu lain baik lintas fakultas atau universitas,” ucapnya, Kamis (9/12/2021).

Adanya program MBKM membuat FISIP UB membentuk sistem yang baik untuk kepentingan program ini.

“Kami membuat prosedur dan tata kelola membangun SOTK MBKM mulai pendaftaran hingga recognisi hingga jumlahnya 20 SKS. Mungkin bagi mereka melakukan kunjungan kesini karena UB dianggap mampu menjalankan MBKM dengan baik,” jelas Sholih.

Lantas kenapa FISIP yang dipilih? Pria yang juga pengajar di jurusan Ilmu Politik UB ini menilai FISIP mempunyai tenaga muda yang bisa memacu untuk berpikir, merumuskan suatu masalah terkait MBKM.

“FISIP ini juga masih 17 ke 18 tahun tapi sudah mampu melakukan aktifitas itu (MBKM),” sambung Sholih.

Faktor lain, FISIP di UB adalah fakultas dengan peminat terbesar. Sementara UB sendiri juga menjadi peminat terbesar di seluruh Indonesia.

“Jadi bisa saja itu juga yang membuat menarik. Kita juga punya tiga prodi yang dianggap unggulan dengan rata rata pendaftar mencapai 2000 orang per prodi padahal yang diterima hanya 130-an,” tutur Sholih.

Dengan beberapa kunjungan kampus lain tersebut, Sholih Muadi yakin selanjutnya UB termasuk FISIP akan berkembang lebih pesat apalagi saat ini UB sudah masuk dalam PTNBH.

“Pihak Unpad sendiri yang bilang luar biasa. Saya yakin UB akan berkembang pesat sejak diberlakukannya PTNBH yang tentu akan mendukung program MBKM,” pungkasnya. (Humas FISIP)