Dosen FILKOM Ciptakan Aplikasi Sistem Informasi Penilaian Kinerja di Ar-Rohmah Islamic Boarding School Group

Performansi suatu perusahaan ataupun organisasi sangat ditentukan oleh performansi dari karyawan, tidak terkecuali dengan Lembaga Pendidikan Ar Rohmah. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah melakukan penilaian karyawan menggunakan Key Performance Indicator (KPI). KPI sangat penting untuk menilai seberapa baik kinerja seseorang. Implementasi KPI di Ar Rohmah belum menggunakan suatu sistem, tetapi masih secara manual. Penilaian secara manual ini dirasa sangat tidak efektif dan rawan terjadinya banyak kesalahan.

Oleh karena itu tim dosen dari FILKOM yang diketuai  Dr. Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom dan beranggotakan Drs. Marji, MT serta Rekyan Regasari MP, ST., MT. melalui program pengabdian masyarakat (pengmas) Dana DIPA menciptakan sebuah aplikasi Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan (SI-PKK) berupa web yang dapat diakses pada https://pkgsmaarrohmah.com/

“Tujuan dari diciptakannya sistem ini yaitu untuk meningkatkan kinerja karyawan dan guru dengan cara melakukan penilaian Key Performance Indicators secara secara lebih cepat, tersedianya dokumentasi penilaian setiap karyawan dan rekap seluruh karyawan,” terang Dian.

Dian juga menjelaskan selain pembuatan aplikasi, target dari program pengabdian masyarakat ini yaitu juga memberikan pelatihan pengoperasian SI-PKK pada Sabtu (03/09/2022). Pelatihan dilakukan di lokasi Ar Rohmah dengan mengundang seluruh stakeholder yang terlibat yakni kepala sekolah dan semua guru yang akan menggunakan sistem. Pelatihan disertai modul yang dibuat oleh tim dosen FILKOM serta menjalankan dan menguji sistem yang telah dibuat.

“Harapannya SI-PKK memberikan kemudahan dan efisiensi dalam melakukan penilaian kinerja, merubah parameter kinerja, melakukan perangkingan dan membuat laporan kinerja,” tambahnya.

Ar Rohmah Islamic Boarding School Group adalah sebuah Yayasan Pendidikan Islam di Kota Malang yang berdiri pada tahun 2004(Ar Rohmah). Ar Rohmah mempunyai 3 sekolah yang terdiri dari Ar-Rohmah Putri IBS, Ar-Rohmah Putri IIBS, dan Ar-Rohmah Tahfizh. Ar-Rohmah mempunyai total hampir 3000 santri aktif dan ratusan alumni yang tersebar di penjuru negeri. Ar-Rohmah mendidik siswa-siswi di jenjang SMA dan SMP.

Kepala Sekolah Ar.Rohmah, Amriyanto Hadi, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa aplikasi yang diciptakan oleh Dosen FILKOM UB sesuai dengan kebutuhan lembaga, serta dapat meningkatkan kinerja lembaga. Harapan kedepannya adalah sistem bisa berbasis mobile dan kegiatan ini bisa berkelanjutan.[drn/Humas UB]