Dosen FILKOM Bagikan Ilmu Mengenai Deep Learning Menggunakan Pytorch

Salah satu dosen FILKOM UB Dr. Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc. menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Deep Learning Menggunakan Pytorch Prodi Teknik Informatika Fakultas Sains Dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau.

Dua kegiatan utama yang akan disampaikan dan diimplementasikan Novanto pada kegiatan workshop ini, pertama Deep Learning Menggunakan Pytorch, dilanjut praktik menggunakan Pytorch.

Mengawali acara sambutan disampaikan ketua panitia kegiatan, dilanjut Kaprodi TIF FST, Iwan Iskandar, M.T dan Dekan FST, Dr. Drs. Hartono, B.A, M.Pd. Kegiatan workshop yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom ini dihadiri oleh berbagai partisipan mulai dari mahasiswa dan dosen Fakultas Sains Dan Teknologi (FST) UIN Sultan Syarief Kasim Riau

“Saat ini terdapat beberapa library yang memudahkan kita untuk memprogram serta menjalankan algoritma Deep Learning. Namun, yang sering digunakan adalah TensorFlow keluaran Google dan Pytorch keluaran Facebook. Pytorch lebih banyak dipilih oleh peneliti  karena kemudahaannya melakukan debug,”kata Novanto.

Pada kegiatan pertama Novanto menjelaskan beberapa materi antaralain dasar deep learning, dasar Pytorch, contoh pelatihan dan pengujian pada berbagai aplikasi dan varian arsitektur, dan yang terakhir aplikasi deteksi objek.

Kegiatan yang dimoderatori Suwanto Sanjaya, ST, M.Kom dan Fadhilah Syafria, ST, M.Kom berlangsung sampai sore hari dengan partisipan yang antusias mengikuti sampai akhir.[drn/Humas UB]