Dosen FAPET Terlibat dalam Program China National Experts 2023

Dosen Fakultas Peternakan (Fapet) Dr. Irida Novianti, mendapatkan undangan dan funding dari pemerintah China melalui program China National Experts Program 2023 untuk mengunjungi Inner Mongolia, China pada (8/12-14/12/2023). Pada program yang berlangsung selama 1 minggu ini, terdapat beberapa agenda yang dilakukan oleh Dr. Irida.

Selaku foreign expert, Dr. Irida diminta mempresentasikan materi yang bertemakan Animal Breeding Strategies di hadapan staff Inner Mongolia Academy of Agricultural and Animal Husbandry Sciences. Inner Mongolia Academy of Agricultural and Animal Husbandry Sciences merupakan institut pemerintah China yang bergerak dalam bidang pertanian dan peternakan. Pada kesempatan tersebut, Dr. Irida juga memperkenalkan tentang beberapa ternak sapi lokal asli Indonesia dan breeding strategies yang telah dilakukan di Indonesia.

Selain memberikan presentasi, melalui program ini Dr. Irida juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa peternakan domba dan sapi potong di beberapa daerah di Inner Mongolia.

Peternakan-peternakan yang dikunjungi tersebut merupakan peternakan-peternakan yang menjadi lokasi proyek penelitian dari Inner Mongolia Academy of Agricultural and Animal Husbandry Sciences. Adapun proyek penelitian yang dilaksakan yaitu penggunaan teknologi breeding untuk meningkatkan produktivitas ternak sapi potong dan domba lokal Inner Mongolia.

Pada kunjungan tersebut, tim dari Inner Mongolia Academy of Agricultural and Animal Husbandry Sciences juga bertemu dengan tim peneliti dari badan penelitian daerah dan pemerintahan daerah yang kesemuanya saling bersinergi untuk keberhasilan dari pelaksanaan penelitian tersebut. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Dr. Irida untuk mengenalkan tentang Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya dan kemungkinan-kemungkinan kolaborasi yang dapat dirintis dengan Inner Mongolia Academy of Agricultural and Animal Husbandry Sciences. (tim/hfd/Humas UB)