
Divisi Informasi dan Kehumasan (DIK) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Workshop Survei Kepuasan kepuasan Berbasis Sistem pada Fakultas dan Unit Kerja di Hotel Aria Gajayana, Mal Olympic Garden, Rabu (5/6/2024).
Kegiatan ini ditujukan kepada ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) dari semua Fakultas UB, dan operator pengelola Survei Kepuasan Mayarakat (SKM) dari masing-masing unit kerja Universitas Brawijaya yang diikuti sekitar 54 peserta.

Ketua DIK UB Dr. Zulfaidah Penata Gama, A.Si., M.Si., Ph.D dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan peningkatan kualitas pelayanan publik yang sudah dicanangkan agar semakin berkualitas.
“Dengan acara ini kami ingin mengetahui evaluasi yang diberikan oleh publik kepada petugas maupun kepada seluruh dosen, tendik yang ada di UB, bagaimana melayani seluruh sivitas akademika. Jadi nantinya kepuasan masyarakat semakin tahun semakin bertambah, yang puas semakin banyak, tidak hanya dosen maupun tendik untuk kepentingan akreditasi mengisi penilaian kepuasan saja, akan tetapi betul-betul dengan pengisian survei ini kualitas layanan publik semakin meningkat,” katanya.
Zulfaida juga berharap tahapan-tahapan upgrade sistem yang ada di SKM semakin lama semakin baik. Mulai dari tahun 2019 yang pengisiannya masih secara offline menggunakan kertas bertahap menjadi online, dan tahun 2024 ini nantinya berubah dengan sistem terintegrasi, dari yang semula perfakultas sekarang bisa langsung menjadi B1 data.
Dalam Kegiatan yang berlangsung dari jam 08.30 sampai 11.00 itu kepala Sub-divisi Penanganan Keluhan dan Survei Kepuasan, Darmanto S.Si., M.Si mengundang GJM dan operator SKM setiap fakultas untuk menginformasikan adanya perubahan dari sistem survei kepuasan yang pada awalnya belum berbasis sistem sudah upgrade menginovasi menjadi berbasis sistem.
“Harapannya sistem ini bermanfaat untuk UB dalam melakukan proses evaluasi diri, pengembangan berkelanjutan dengan berbasis sistem, sehingga level pimpinan sampai bawah mengetahui umpan balik masyarakat terhadap layanan publik,”katanya.
Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan workshop bertemakan “Workshop dan penyegaran Sistem Layanan Umpan Balik UB-care di lingkungan UB”. Acara ini dalam rangka optimalisasi kualitas pelayanan kepada stakeholders dalam bidang pelayanan umpan balik melalui sistem UB-care. (KAN/humas UB)