DIK Gelar Sosialisasi Ulin dan Humas Award

Foto Kegiatan Sosialisasi Ulin dan Humas Award yang dihadiri oleh Deka, Kepala UPT, dan PSIK Fakultas
Foto Kegiatan Sosialisasi Ulin dan Humas Award yang dihadiri oleh Deka, Kepala UPT, dan PSIK Fakultas

Divisi Informasi dan Kehumasan (DIK) menggelar kegiatan sosialisasi Unit Layanan Informasi (Ulin) Humas Award sebagai bagian dari good governance dalam melaksanan prinsip stabilitas dan transparansi. Kegiatan yang dihadiri oleh Dekan, Kepala UPT, dan PSIK Fakultas ini dilaksanakan di Guest House UB, Rabu (19/3/2025).

Kepala Subdivisi Layanan Data dan Informasi Publik Dr. Dra. Lely Indah Mindarti, M.Si. mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang berkaitan dengan ULIN award untuk setiap tahun yang biasanya dinilai oleh KIP terkait keterbukaan informasi .
“Di tahun 2024 kita sudah enam kali berturut-turut meraih kategori informatif. Kami berharai di 2025 UB masih tetap mempertahankan kategori informatif ,” katanya.
Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) tersebut mengatakan salah satu yang mensupport  dalam ULIN Award adalah website masing-masing fakultas yang terkait dengan keterbukaan informasi. Selain itu,  aspek penilain di Ulin award hampir sama dengan KIP berkaitan dengan SAQ.
“Ada beberapa aspek penilaian yang akan dimasukan yaitu sarpras (ketersediaan website di masing-masing fakultas),aspek kualitas informasi (digitalisasi berupa tautan-tautan penting di fakultas seperti layanan umpan balik yang ada di universitas), serta aspek pengadaan barang dan jasa,” katanya.
Lely mencontohkan pada aspek sarana prasarana penilaian dilakukan seperti  tersedianya ruang tunggu, aksesibilitas terhadap inklusivitas,  informasi profil singkat pimpinan fakuktas, hingga ketersediaan maklumat layanan di fakultas.
“Masing-masing aspek tersebut harus disertai bukti dukung berupa foto atau screen shot yang nanti akan dinilai,” katanya.
Kepala Subdit Sistem dan Aplikasi Ismiarta Aknuranda, S.T.,M.Sc.,Ph.D. menjelaskan  parameter penlaian TI dalam ULIN Award adalah performa (performance), aksesibilitas (accessibility) bagi disabilitas,  praktik baik (best practices), dan Optimalisasi untuk mesin pencari (search engine).
“Penilaian kami adalah website yang mendukung layanan informasi untuk transformasi digital di UB,” katanya.
Sementara itu, Kepala Sub Divisi Kehumasan Tri Wahyu Nugroho menjelaskan tentang kriteria penilaian pada Humas Award.
“Humas award bermomitmen meningkatkan citra positif. Selain itu, humas award juga memberikan untuk memotivasi agar temen-teman bisa lebih  semangat di humas fakultas. Ada empat aspek dalam Humas Award, yaitu Pengelolaan Berita internal Fakultas, Pengelolaan Siaran Pers, dan Pengelolaan Media Sosial terkait bagaimana strategi komunikasi nya dan content planning,” kata pria yang akrab disapa Trois tersebut. (OKY/Humas UB).