Ilmu Komunikasi Buka Peluang Double Degree dengan University of Queensland Australia

Dalam rangka mendukung pencapaian sejumlah Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi, Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan program hibah Dosen Berkarya dengan skema Researcher Fellowship ke University of Queensland, Australia.

Tim Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi yang diketuai oleh Fitri Hariana Oktaviani, Ph.D dengan anggota tim yaitu Dr. Desi Dwi Prianti, Diyah Ayu Amalia Avina, S.E., M.Si., Nia Ashton Destrity, S.I.Kom., M.A., dan Sri Handayani, S.Pd., M.I.Kom melaksanakan satu kegiatan utama yaitu penyelesaian tiga artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Q1 dan Q2 bersama sejumlah akademisi dari University of Queensland.

Selain itu, tim dosen dari Ilmu Komunikasi juga menjadi panelis dalam Communication for Social Change Foundation courses untuk menyampaikan pengalaman mereka masing-masing dalam riset terkait Communication for Social Change. Tim dosen Ilmu Komunikasi berpartisipasi dalam workshop penulisan artikel ilmiah metode LEGO play serious oleh Associate Professor Elske van de Fliert dari The Centre for Communication and Social Change (CfCSC) University of Queensland, diskusi engagement dengan sejumlah periset dari University of Queensland antara lain dengan Associate Professor Pradip Thomas, Associate Professor Adrian Athique dan Associate Professor Nicholas Carah.

Selain submisi pada jurnal internasional bereputasi, Q1 dan Q2, kegiatan dosen berkarya ini juga menginisiasi perluasan kerjasama dengan The University of Queensland di level universitas dan tindak lanjut mekanisme double degree antara PS S1 Ilmu Komunikasi UB dengan Undergraduate Program at the School of Communication and Arts.

Untuk diketahui, The University of Queensland (UQ) Australia sendiri merupakan universitas riset ternama di Australia yang termasuk kategori Group of Eight di Australia dan masuk peringkat 43 berdasarkan QS World University ranking for 2024 dan menduduki peringkat ke-3 terbaik se-Australia. Untuk ranking by subject, Ilmu Komunikasi, UQ juga menempati urutan ke 50 pada tahun 2022/2023. (Humas FISIP/Humas UB)