Dampingi BUMDesa Kab. Tulungagung, tim Doktor Mengabdi UB Adakan FGD

BUMDes merupakan badan usaha yang dikelola oleh pemerintah desa, dan berbadan hukum. Badan usaha ini, dibangun menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan potensi desa setempat.

Seperti halnya badan usaha, BUMDes juga hadir dengan permasalahannya masing-masing. Membantu mengurai kesulitan yang dihadapi BUMDes, tim Doktor Mengabdi dari Pusat Pelayanan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat, LPPM UB, bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan FGD, pada Kamis (14/10/2021).

FGD BUMDesa Kabupaten Tulungagung oleh P4M LPPM UB

FGD bertajuk Revitalisasi dan Penguatan Kelembagaan Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Tulungagung tahun 2021 ini menghadirkan beberapa pemateri, seperti diantaranya Akie Rusaktiva, R. M.Sa., CA sebagai pendamping penilai aset dan Ahmad Fauzi selaku pendamping bimbingan teknis.

Menurut Akie, BUMDesa dapat berpartisipasi dalam membantu menyelenggarakan Pemerintahan Desa, khusus untuk membantu pengelolaan aset. “BUMDesa juga dapat berfungsi mengembangkan ekonomi masyarakat setempat”, ujarnya.

Permasalahan BUMDesa, menurut Ahmad, antara lain kurangnya pemahaman masyarakat terhadap BUMDesa, pembangunan yang terbatas pada fisik, hingga kurangnya modal. “Solusinya, antara lain peningkatan kapasitas SDM dengan aktif mengikuti, kegiatan pelatihan dan bimtek, aktif menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah dan pengawas atau mempelajari peraturan BUMDesa yang terkini”, ujarnya.

Kegiatan yang digawangi oleh Dodi Wirawan I., S.E., M.Comm, PhD sebagai Ketua Pelaksana, Shofwan, SE., M.Si sebagai Koordinator Pelaksana, Yusri Fajar, S.S, M.A  dan Anggun Trisnanto Hari Susilo, S.IP., M,IDEA ini ditujukan untuk membenahi permasalahan-permasalahan BUMDesa di 10 Kecamatan Kabupaten Tulungagung. “Disini P4M LPPM UB mengamati dan memberi solusi atas setiap permasalahan yang terjadi di masing-masing BUMDesa sehingga dapat teratasi dengan baik,” ujar Dodi.

10 BUMDesa yang bekerjasama dengan P4M LPPM UB diantaranya yaitu, Sumber Rejeki Desa Samar, Kec.Pagerwojo; Sejahtera Bersama Desa Kaliwungu, Kec. Ngunut; Karya Makmur Desa Ngrendeng, Kec. Gondang; Raharja Desa Punjul, Kec. Karangrejo; Makmur Sejahtera Desa Jabalsari, Kec. Sumbergempol; Kedung Padang Desa Padangan, Kec. Ngantru; Gumregah Desa Boyolangu, Kec. Boyolangu; Al Madina Desa Mojosari, Kec. Kauman; Sutan Mandiri Sejahtera Desa Tanen, Kec. Rejotangan dan Bumi Lestari Desa Bangunjaya, Kec. Pakel. (P4M/VQ)