Briefing Kegiatan MBKM antara FILKOM UB, ITK dan STIMATA

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) melaksanakan kegiatan briefing kegiatan  Yang berhubungan dengan Merdeka Belajar (MBKM) atau Kampus Merdeka yang dihadiri oleh Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan STMIK Pradnya Paramita (STIMATA).

Briefing yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom berisikan materi tentang proses pelaksanaan kegiatan Kampus Merdeka yang akan dilaksanakan di FILKOM UB.

Kebijakan MBKM yang berhubungan dengan kurikulum adalah hak mahasiswa untuk 3 semester kuliah di luar prodi dengan rincian 1 semester dalam lingkup perguruan tinggi dan 2 semester di luar perguruan tinggi. Kebijakan ini mengacu pada Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada pasal 18 Permendikbud tersebut menyebutkan bahwa Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan pemenuhan masa dan beban dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu, FILKOM UB menyambut baik bagi mahasiswa di luar Universitas Brawijaya yang akan mengambil mata kuliah di FILKOM. Kegiatan briefing ini juga dihadiri oleh sebagian mahasiswa dan perwakilan dari ITK dan STIMATA.

Issa Arwani, S.Kom., M.Sc. selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi menyampaikan melalui briefing
mahasiswa di luar FILKOM atau di luar UB dapat lebih mengenal hal teknis pelaksanaan proses akademik dan perkuliahan, serta dapat mengenal dosen-dosen yang mengajar atau membimbing.

Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc. selaku ketua PSIK FILKOM menyampaikan terkait hal teknis dalam pelaksanaan pembelajaran di FILKOM.

Mahasiswa dihimbau agar join pada platform yang telah disediakan yaitu eling.ub.ac.id.

Semua pembelajaran mulai dari mata kuliah, materi perkuliahan dan arahan-arahan dari dosen disampaikan disana. Selanjutnya Dahnial juga mengajarkan proses enrolmen di dalam eling dan menjelaskan menu atau fitur yang ada di dalamnya. Dahnial juga menghimbau bagi mahasiswa yang terkendala login dapat menghubungi bagian PSIK FILKOM atau ke staf Jurusan terkait. Selain materi yang disampaikan di atas FILKOM juga mengenalkan sebagian dosen yang hadir pada acara tersebut. Semoga dengan hadirnya kebijakan MBKM ini dapat saling mengenalkan universitas dan institusi yang saling terkait dan mempererat kerjasama diantaranya.(drn/Humas UB)