Brawigiant Team Juara 1 Nasional The 14th PPM Business Case Competition

Brawigiant Team Juara I Nasional The 14th PPM Business Case Competition

Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) yang tergabung dalam Brawigiant Team meraih juara satu pada ajang The 14th PPM Business Case Competition yang diadakan oleh PPM School of Management. Mereka adalah Chairuzzaky Rachman (Manajemen 2021), Naufal Hanif Caesar Putra (Akuntansi 2021), dan Baihaki Hylmi Habibi (Manajemen 2021).

Kejuaraan ini diraih setelah tim berhasil mempresentasikan inovasi dan solusi bisnis yang mereka buat, di depan para juri pada babak final Rabu (29/11/2023), di Jakarta.

“Senang sekali rasanya bisa memenangkan business case competition sebesar ini dengan peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Ditambah, perjuangan yang tidak mudah karena banyak mengorbankan pikiran, waktu, dan biaya. Namun, alhamdulillah itu semua akhirnya terbayarkan,” ungkap Chairuzzaky.

Kompetisi ini diikuti 94 tim dari bebagai perguruan tinggi di Indonesia. Rangkaian kompetisi ini digelar sejak September 2023 di mana para peserta mengirim proposal untuk direview oleh juri. Setelahnya, terpilih 12 besar finalis yang diundang pada babak final.

“Pada babak final ini kami mempresentasikan inovasi kami, diikuti sesi “Golden Question”. Selanjutnya empat tim terbaik dipertemukan dalam sesi tanya jawab ketat bersama dewan juri yang terdiri dari akademisi, perwakilan perusahaan, dan praktisi bisnis,” paparnya.

Kompetisi ini mengangkat tema “Innovative Marketing Tactics for Disrupting Established Brands in the Mineral Packaged Water Industry”. Dalam kompetisi ini, para peserta ditantang membuat inovasi dalam mengembangkan strategi pemasaran di industri air mineral dalam kemasan untuk menggempur merek-merek mapan di industri air kemasan mineral.

Brawigiant Team berhasil meraih juara satu dengan mengusulkan strategi inovatif yang diberi nama “Sustainalead Vision Strategy: Upaya Menjadikan Le Minerale sebagai Top-of-Mind Brand AMDK Pada Gen Z dengan Mengedepankan Green Marketing”.

Strategi ini bertujuan untuk menarik anak muda sehingga dapat menjadikan Produk Air Mineral tersebut sebagai pemimpin pasar brand Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan pendekatan berkelanjutan. Inisiatif mereka diharapkan dapat menciptakan dampak positif dan membawa gebrakan dalam industri air minum kemasan.

Adapun pemenang The 14th PPM BCC adalah: Juara 1: Universitas Brawijaya, Juara 2: Trisakti School of Management, Juara 3: Institut Teknologi Bandung, dan Juara 4:  Universitas Katolik Parahyangan. [BT/Irene]