Prasetya Online

>

Berita UB

Web FE-UB Masuk Final e-Learning Award 2008

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetya1 pada 23 October 2008 | Komentar : 0 | Dilihat : 5488


Situs e-Learning Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (FE-UB) lolos masuk babak final "e-Learning Award 2008". Informasi ini diperoleh melalui faksimili Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Kamis (23/10).
Untuk itu FE-UB diundang melakukan presentasi akhir di Jakarta, Senin (27/10). Presentasi akan dilakukan oleh Ainur Rofiq SKom SE MM, Kepala Badan Pengembangan Sistem Informasi (BPSI) FE-UB.
Pada babak final ini, dipilih tiga peserta untuk masing-masing kategori. Ada tujuh kategori yang dilombakan yaitu (1) e-Learning Korporasi, (2) Pengembangan Konten dan Software e-Learning, (3) e-Learning Pendidikan Tinggi dan Komunitas, (4) Blog Edukatif, (5) e-Learning Sekolah, (6) Telekolaborasi Online, dan (7) Blog Edukatif. Kategori 1-2 diperuntukkan bagi korporasi, sedangkan 3-4 bagi pendidikan tinggi dan komunitas, dan 5-7 bagi sekolah.
Situs http://elearning.fe.unibraw.ac.id masuk dalam kategori e-Learning Pendidikan Tinggi dan Komunitas. Kriteria yang disyaratkan pada kategori ini meliputi antara lain: jumlah dan tingkat aktivitas, seperti jumlah course yang ditawarkan, jumlah peserta, variasi peserta, aktivitas peserta mengikuti course, diskusi, telekonferensi, tes, dan lain-lain. Di samping itu juga kelengkapan komponen Learning Management System (LMS), seperti fasilitas upload bahan belajar, chatting, forum diskusi, database, tes, telekonferensi, user tracking, dan lain-lain. Juga web design yang meliputi interface, navigasi, warna, huruf, komposisi, dan lain-lain. Ada pula kriteria kredibilitas, yaitu pengakuan masyarakat terhadap lulusan dari online learning yang diselenggarakan. Terakhir, kriteria rencana pengembangan, yaitu program aksi yang dilakukan oleh penyelenggara terkait dengan rencana yang akan dilakukan di waktu yang akan datang.
Peserta masuk babak final setelah melalui dua tahap penjurian. Penjurian tahap pertama,dilakukan scanning untuk melihat karya secara cepat agar memproleh gambaran awal tentang karya atau produk baik untuk kategori penghargaan maupun lomba. Pada tahap kedua, secara komprehensif diberikan penilaian berdasarkan acuan/kriteria penilaian yang telah ditentukan. Sedangkan pada tahap ketiga, yakni babak final untuk menentukan juara, panitia akan mengundang perwakilan nominator dari semua kategori ke Jakarta untuk memberikan keterangan/klarifikasi kepada dewan juri berkaitan dengan produk atau jasa yang dilombakan dalam e-Learning Award. [fiq]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID