Prasetya Online

>

Berita UB

PSIK FIB UB Adakan Pelatihan Jurnalistik dan Pengelolaan Website

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 05 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 543

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar dan Pengelolaan Laman Resmi bagi Dosen dan Mahasiswa FIB UB
Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar dan Pengelolaan Laman Resmi bagi Dosen dan Mahasiswa FIB UB

Pengelola Sistem Informasi, Infrastruktur, Teknologi Informasi, dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar dan Pengelolaan Laman Resmi bagi Dosen dan Mahasiswa bertema "Menyebarluaskan Citra Positif melalui Penulisan Artikel dalam Laman Resmi FIB UB Malang". Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa perwakilan LKM/Himaprodi yang berada di Divisi Infokom, serta dosen dan tendik yang bertugas sebagai PSIK Jurusan/Unit.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membekali dosen dan mahasiswa peserta dengan pengetahuan dan kemampuan dasar di bidang jurnalistik serta pengelolaan laman resmi yang berhubungan dengan unit kegiatan mereka dan menyebarluaskan citra positif FIB UB melalui tulisan mahasiswa yang diunggah di laman resmi FIB UB.

Ada dua pemateri dalam pelatihan ini, yaitu Mohammad Zainuddin dan Mohammad Mahendra Jaya Wardana, S.Kom. Mohammad Zainuddin atau yang akrab dipanggil Jay ini merupakan uploader/editor online suryamalang.com.

Jay pernah bekerja sebagai jurnalis di Harian NusaBali (Denpasar, Bali), Surabaya Post (Surabaya), dan Harian Surya (Surabaya-Malang). Dalam pelatihan ini, Jay memberikan materi terkait ilmu jurnalistik dengan judul "Jadi Wartawan itu Gampang tapi Susah". Selain itu, para peserta juga praktik langsung menulis berita dan mengunggahnya di laman resmi masing-masing unit. Mohammad Mahendra Jaya Wardana, S.Kom. merupakan anggota PSIK FIB UB, memberikan materi terkait pengelolaan laman resmi unit kerja para peserta.

Melalui kegiatan ini, diharapkan laman resmi tiap unit dan program studi dikelola secara aktif, positif, dan bertanggungjawab. Selain itu,  dengan adanya publikasi terkait citra positif FIB UB pada laman resmi tersebut dapat bermanfaat sebagai ajang promosi dan mendukung kegiatan monitoring dan evaluasi seperti Audit Internal Mutu dan Akreditasi BAN-PT.

Peran jurnalistik sangat besar bagi dunia pendidikan tinggi, antaralain memberikan informasi kepada masyarakat khususnya hal-hal terkait pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, maupun prestasi yang lain. Bagi mahasiswa, jurnalistik berperan penting dalam mengasah kreatifitas mereka. Selain itu, jurnalistik mampu membangun daya kritis nalar mahasiswa.

Diskusi Kelompok
Diskusi Kelompok

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi internasionalisasi FIB UB, pengelolaan laman resmi sebagai salah satu media publikasi profil Perguruan Tinggi (PT) merupakan salah satu cara yang tepat dan inovatif. Profil PT dapat dikenal luas, tidak lain karena peran jurnalistik.

Melalui laman resmi, PT berkomunikasi dengan masyarakat luas dalam menyebarluaskan peran aktif bagi masyarakat melalui kegiatan Tridharma PT dan pengumuman, bekerjasama dengan mitra PT lain, memberikan wawasan tentang kehidupan kampus bagi calon mahasiswa baru, mengapresiasi kinerja dan prestasi dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, serta lain sebagainya.

FIB UB juga memanfaatkan laman resmi sebagai salah satu media promosi kampus sehingga calon mahasiswa dari luar daerah atau bahkan luar negeri dapat memantau kiprah sivitas akademika FIB UB. Laman resmi FIB UB juga merupakan sarana publikasi resmi dalam menyebarluaskan berbagai kegiatan kampus seperti workshop atau seminar. Selain itu, laman resmi FIB UB juga bermanfaat menyebarluaskan prestasi yang dimiliki.

Saat ini, membangun citra sangat penting bagi perguruan tinggi. Untuk itu, sinergi yang baik dalam pengelolaan laman resmi dengan Lembaga Kedaulatan Mahasiswa (LKM) sangat perlu ditingkatkan. Sehingga, prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa dapat terpublikasikan dengan baik melalui laman resmi FIB UB. Selain itu, berita yang disebarluaskan melalui laman resmi juga dituntut mampu membentuk citra FIB UB. (DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB)

 

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID