Prasetya Online

>

Berita UB

UB Targetkan Tahun Depan Naik Peringkat

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh siti-rahma pada 13 September 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 627

Rektor Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani in Rapim 2018
Rektor Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani in Rapim 2018
Pemeringkatan universitas yang dilakukan Kemristekdikti, Webometrics maupun QS World merupakan sarana pencitraan bagi institusi. 

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS dalam Rapat Kerja Pimpinan Kamis (12/9/2018) meyakini bahwa peringkat UB masih bisa ditingkatkan. Berdasarkan versi Webometric UB berada di posisi 28, versi QS World di posisi 800+ dan menurut Kemristekdikti di posisi 12.

Untuk meningkatkan peringkat UB, ada beberapa program yang akan diimplementasikan tahun depan, antara lain peningkatan peran guru besar dan doktor dalam kegiatan internasional dan menambah jumlah mahasiswa dan dosen asing.

Internasionalisasi menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi UB. Hal ini sesuai dengan amanah dari Menteri Ristekdikti bahwa UB harus menjadi perguruan tinggi berskala internasional.

Selain internasionalisasi pada tahun ini UB sedang bersiap menjadi PTN BH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum). Nuhfil mengatakan dari peringkat yang diklasifikasikan kementerian, UB satu-satunya perguruan tinggi klaster A yang masih berstatus BLU (Badan Layanan Umum). 

"Status PTN BH sebenarnya memberi banyak keuntungan seperti kemudahan akses dana hibah penelitian yang hanya diberikan ke kampus berstatus PTN BH," kata Nuhfil. 

Sementara Staf Ahli WR I Prof Dr Khusnul Ashar mengatakan jumlah dana penelitian ini menjadi indikator untuk pemeringkatan. [siti-rahma/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID