Prasetya Online

>

Berita UB

Rektor UB Dorong Wujudkan GUG pada Tiga Perguruan Tinggi Asuhan dari Indonesia Timur

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 11 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 431

1041_20170811150510
1041_20170811150510
Bertempat di kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang, 25 Juli 2017, tiga pimpinan perguruan tinggi (PT) dan 1 (satu) orang Wakil Rektor PT dari Indonesia timur yang menjadi PT Asuhan UB antara lain Dr. Hermanto Suaib, MM. (Rektor) dan Dr. Muhammad Ali, MH. (Wakil Rektor I) dari Universitas Muhammadiyah Sorong (UM Sorong), Prof. Dr. Syaifuddin Iskandar, Rektor dari Universitas Samawa (UNSA)) Sumbawa Besar dan Dr. Ibnu Khaldun H Sudirman, M.Si, Ketua dari STKIP Taman Siswa Bima, mengikuti program "Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Perguruan Tinggi Asuhan menuju Good University Governance (GUG)". Program ini terselenggara terkait keberhasilan UB mendapatkan predikat PT unggul (terakreditasi A dan mampu menginisiasi pengelolaan Tri Dharma PT menuju GUG). Karena itu UB diberi kewenangan untuk mengasuh perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Indonesia Timur. Pembinaan ini dimaksudkan agar tiga perguruan tinggi dibawah asuhan UB juga mampu menyelenggarakan pendidikannya menjadi lebih baik melalui peningkatan akreditasi PT dan program studinya pada masa mendatang.

Bertempat di Ruang Rektor Gedung Rektorat Lantai 7 UB, Rektor UB, Prof. Dr. Ir. M. Bisri, MS menjelaskan bahwa "Program GUG ini dimaksudkan agar PT Asuhan dapat meningkatkan kesehatan, mutu dan reputasi PT-nya melalui penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), pangkalan data, program harmonisasi dan komunikasi dengan rekan sejawat, sehingga kualitas Tri Dharma PT menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan PT di tingkat nasional bahkan Asia". Pada kunjungan yang didampingi oleh Ketua Pusat Jamunan Mutu (PJM) UB Dr. Endang Arisoesilaningsih dan Ketua Pelaksana Hibah PT Unggul Asuh UB Ir. Aida Sartimbul, M.Sc., Ph.D, selain dilakukan diskusi dan sharing pengalaman UB dalam pengelolaan PT oleh Rektor dan dipandu oleh Wakil Rektor IV, Dr. Ir. Muhammad Sasmito Djati, MS., juga dilakukan penandatanganan 3 (tiga) perjanjian kerjasama dengan masing-masing PT Asuhan sebagai acuan kerjasama mutualisme.

Setelah kegiatan diskusi, sharing dan penandatanganan kerjasama, para pimpinan PT Asuhan tersebut berkesempatan melihat langsung kegiatan yang ada pada beberapa lembaga di UB yang menjadi pilar pendukung menuju GUG, di antarannya adalah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Perpustakaan Pusat, dan Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK). Pada kunjungan ke unit-unit kerja tersebut para pimpinan PT memperoleh penjelasan tentang program, kegiatan dan prestasi keempat unit kerja tersebut. Kunjungan ke LP3M didampingi oleh Sekretaris LP3M Ir. Ahmad Wicaksono, M.Eng.Ph.D, ke LP3M oleh Sekretaris PJM Nila Firdausi Nuzula, M.Si.,Ph.D., ke LPPM oleh Prof. Dr. Hartutik, M.S; ke Perpustakaan didampingi Dr.Sitawati.,M.S dan Dr. Eng. Alwafi Pujiraharjo.,M.T; serta ke UPKK didampingi oleh Dr. Esti Junining.,M.Pd dan Dr. Bambang D. Prasetyo.

Pada kesempatan ini para pimpinan PT Asuhan menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaan telah terpilih menjadi mitra dalam kegiatan PT Asuh, seperti yang disampaikan oleh Rektor UNSA. Beliau merasa mendapatkan pelayanan prima dari tim PJM UB mulai dari pra kedatangan, penjemputan, penjamuan, sampai kepulangan. Rektor UM Sorong mengapresiasi keberhasilan UB dan menemukan kunci sukses adalah bekerja keras, kesungguhan dan mutu sumber daya manusia. Sementara itu, Ketua STKIP Tamsis Bima menganggap kesempatan bermitra dengan UB sebagai anugerah Allah SWT dan rizki anak shalih, insyaAllah.

Tentu saja program PT Asuhan ini tidak hanya berhenti sampai di sini, namun dilanjutkan dengan program-program lanjutan berupa lokakarya dan pendampingan di 3 (tiga) PT Asuhan dan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 8-11 Agustus 2017 oleh tim UB yang terdiri 3 (tiga) tim PJM. Tiga tim PJM tersebut akan bertindak sebagai pemateri dan fasilitator pendampingan lokakarya dan pelatihan tentang peningkatan kapasitas pengelolaan PT, penyusunan Organisasi dan Tata Kerja (OTK), laporan Evaluasi Diri (ED), Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Strategis (Renstra), penguatan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), penguatan pengendalian standar dengan Audit Internal Mutu (AIM) serta peningkatan kapasitas lainnya berdasarkan Standar Nasional Dikti dan Akreditasi BAN-PT (FUN-BDP-EAS-ASA-EJN/PJM).

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID