Prasetya Online

>

Berita UB

Dosen FILKOM UB Diundang Perusahaan IT Creato Inc. dan Clear Water Project General Inc. Association Jepang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaPTIIK pada 11 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 222

Serah Terima Cinderamata Creato Inc dan FILKOM UB
Serah Terima Cinderamata Creato Inc dan FILKOM UB
Tibyani , S.T, M.T, salah satu dosen Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) diundang oleh perusahaan IT Creato Inc. dan Clear Water Project General Inc. Association yang berkantor pusat di Nagoya, Aichi-ken, Jepang (1/8/2017).

Undangan tersebut bertujuan untuk melakukan pembahasan kolaborasi riset dan publikasi internasional dalam pengembangan perangkat lunak berplatform Website, iOS serta Android.

Tibyani menceritakan kesempatan tersebut diperolehnya dari mahasiswa Teknik Informatika 2014, Abu Hasan Baskara yang sedang menjalani Beasiswa Program internship di Nagoya Jepang (baca disini). Dalam kesempatan tersebut, Tibyani ditunjuk menjadi pembimbing internship bagi mahasiswa tersebut.

Awalnya Tibyani berkeinginan untuk mempelajari Information Technology (IT) terkait pengelolaan sungai.

Keinginannya tersebut disampaikan oleh Abu Hasan kepada CEO perusahaan tempatnya melakukan internship. Pihak Creato Inc. menyambut baik gagasan tersebut dan kemudian CEO Creato Inc. Takashi Segawa B.Ec. memberikan kesempatan untuk wawancara melalui video call pada 7 juli 2017. Hasil dari wawancara itulah yang kemudian berlanjut pada undangan bagi Tibyani untuk berkunjung dan bertatap muka langsung melakukan pembahasan kerjasama dengan Creato Inc.

Saya berkeinginan kuat untuk belajar IT yang berhubungan dengan kebersihan air sungai. Karena di Indonesia sendiri kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai masih rendah. Selain itu pengelolaan sungai di Indonesia juga masih belum tertata rapi,” kataTibyani menjelaskan.

Kunjungan tersebut menghasilkan Surat Persetujuan Kerjasama Creato Inc. dan FILKOM UB yang ditandatangani oleh Takashi Segawa selaku CEO Creato Inc. dan Tibyani selaku perwakilan FILKOM UB pada 1 Agustus 2017. Surat Persetujuan Kerjasama tersebut berjudul Integrated Research to Achieve Clear Water River Awareness by Improving the River’s Environmental Monitoring for Communities Surrounding using Supporting the Software Management System with Platform Website, iOS and Android.

Kedua belah pihak menyepakati beberapa poin penting, yaitu menghubungkan riset pada elemen-elemen yang penting untuk mendukung sistem manejemen perangkat lunak yang berplatform Website, iOS dan Android, menyelidiki, mengevaluasi dan menganalisis variabel variabel pendukung dalam pengawasan dan pengontrolan air sungai yang bersih di Indonesia, peningkatan aksi pengawasan lingkungan sungai dan kesadaran pentingnya air sungai yang bersih bagi masyarakat, tim FILKOM UB bertanggung jawab dalam riset Teknologi Informasi yang berhubungan dengan aspek-aspek utama riset, tim perusahaan Teknologi Informasi (TI) Creato Inc. dan Clear Water Project Inc. Association Nagoya, Aichi-ken, Jepang bertanggung jawab atas analisis jarak aksi pengawasan lingkungan sungai dan peningkatan kesadaran air sungai yang bersih antara Indonesia dan Jepang, tim perusahaan Teknologi Informasi (TI) Creato Inc. dan Clear Water Project Inc. Association Nagoya, Aichi-ken, Jepang akan mendukung kebutuhan riset yang diperlukan seperti Laboratorium TI, Survey pembelajaran sungai sungai, dan lain lain, ketika riset diadakan di Nagoya Jepang, serta mempublikasi hasil riset di Konferensi dan Jurnal bereputasi Internasional khususnya terindeks Scopus

Diharapkan hasil kerjasama ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Khususnya hasil penelitian yang dilakukan dibawah kerjasama Creato Inc. dan FILKOM UB diharapkan, dapat diaplikasikan di sungai-sungai Indonesia, sehingga dapat menjadikan kondisi sungai Indonesia menjadi lebih baik bagi keberlangsungan hidup generasi selanjutnya. [tib/dna/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID