Prasetya Online

>

Berita UB

Mahasiswa UB Analisis Pengaruh Vlog bagi Kehidupan Remaja Kota Malang

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 19 Mei 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 901

Tim PKM Feccyture
Tim PKM Feccyture
Video Blog (Vlog)
, yaitu video keseharian atau aktivitas seseorang yang diunggah pada akun youtube, saat ini menjadi salah satu media social yang sedang popular. Vlog banyak disukai oleh kalangan pelajar atau mahasiswa terutama kaum perempuan. Hal ini dibuktikan dari 33 siswa dan mahasiswa di Kota Malang yang mengaku sering menonton vlog, 26 di antaranya adalah perempuan.

Video yang ditampilkan dalam Vlog tidak hanya menjadi hiburan semata bagi penonton, tapi dimungkinkan juga dapat mempengaruhi aspek kehidupan mereka. Oleh karena itu, empat mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya (UB) melakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh vlog terhadap aspek kehidupan remaja Kota Malang dilihat dari aspek finansial, social, dan kognitif. Mereka adalah Rakadipta Septian D (Statistika 2014), Mailani Putri (Statistika 2014), Lisa Chofifi (Statistika 2015), dan Devy Intan K. (Statistika 2015).

Di bawah bimbingan dosen Achmad Efendi, S.Si.,M.Sc.,Ph.D, mereka menganalisis Effect  Social Cyber Culture (Feccyture) terhadap Vlog di Kota Malang. Menurut Rakadita Septian, analisis dilakukan dengan melihat konten vlog yang ditonton, loyalitas terhadap vlogger dan alasan menonton vlog. "Loyalitas terhadap vlogger, salah satunya dinilai dari keinginan seseorang untuk menonton kembali vlog yang disukainya," ujarnya.

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa loyalitas terhadap Vlogger dan alasan seseorang menonton Vlog berpengaruh positif terhadap aspek finansial dan kognitifnya. Sedangkan aspek sosial hanya dipengaruhi oleh loyalitas terhadap Vlogger. Sehingga kemampuan berkomunikasi penonton Vlog yang merupakan bagian dari aspek sosial dapat dikatakan dipengaruhi oleh seberapa loyal dia terhadap vlogger yang disukainya. Hal ini bisa digambarkan dari intensitas seseorang menonton Vlog. Kebanyakan siswa dan mahasiswa di Kota Malang yaitu 73% dari 190 orang yang ditanya  mengaku minimal ada satu kali dalam seminggu menonton vlog.

Intensitas menonton vlog tidak bisa lepas dari jenis vlog yang disukai. Berdasarkan pertanyaan tiga vlog yang disukai kepada 190 orang pelajar dan mahasiswa di Kota Malang, didapatkan enam vlog terbanyak yang dipilih. Keenam vlogger tersebut adalah Arief  Muhammad, Gita Savitri, Bayu Skak, Awkarin, Joko Widodo, dan Raditya Dika.

Vlog paling banyak yang disukai adalah Arief Muhammad yang merupakan  seorang penulis dan pemain film yang konten vlognya sebagian besar mengulas sisi menarik kehidupan sehari-harinya. Diurutan kedua Raditya Dika, seorang penulis, komedian, dan pemain film. Konten vlog-nya bertema komedi disajikan dalam bentuk rekaman kehidupan sehari-hari. Urutan ketiga adalah Bayu Skak, videonya memiliki konten komedi dengan dialek bahasa Jawa Timur yang khas. Diurutan keempat yaitu Gita Savitri, konten videonya memberikan inspirasi dalam dunia pendidikan. Dalam vlog-nya dia sering membahas tentang isu yang berkembang di dunia maupun Indonesia dan berbagi pengalaman tentang kuliah di luar negeri. Vlog yang disukai urutan kelima adalah  Awkarin atau Karin Novilda, konten videonya cenderung menampilkan pergaulan anak muda yang terpengaruh budaya barat sehingga sempat menjadi kontroversi di media masa. Urutan terakhir adalah Presiden Republik Indonesia yaitu Joko Widodo. Tentu saja banyak orang yang ingin mengetahui kegiatan sehari-hari seorang presiden.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pada umumnya siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa di Kota Malang lebih menyukai Vlog dari seorang public figure yang memiliki latar belakang seorang penulis dan pemain film. Sedangkan untuk konten Vlog yang mengulas tentang dunia pendidikan dan pengetahuan seperti Gita Savitri masih kurang populer dibandingkan dengan vlogger lain yang memiliki latar belakang seorang komedian seperti Raditya Dika dan Bayu Skak.[Rakadipta/Irene]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID