Prasetya Online

>

Berita UB

FIB UB Juara Kanji Cup ke-15

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyafib pada 06 April 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 615

FIB UB Juara Kanji Cup ke-15
FIB UB Juara Kanji Cup ke-15

FIB UB Juara Kanji Cup ke-15
FIB UB Juara Kanji Cup ke-15

Tim Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) kembali meraih Juara Umum Kanji Cup Ke-15 Tingkat Nasional. Tim dari FIB UB yang meraih juara Pertama pada kedua kategori yang dilombakan tersebut, adalah Amaliya Akhsani (Prodi Sastra Jepang 2016) meraih juara 1 level Shokyu atau Level Dasar (Perorangan). Sedangkan untuk kategori grup Fahmi Nahindri (Prodi Sastra Jepang 2014) dan Robertus Yulianto (Prodi Sastra Jepang 2014) meraih juara satu Level Chukyu atau Level Menengah.Sebelum memberangkatkan kontingen Kanji Cup ke 15, FIB UB melakukan seleksi di tingkat fakultas yang diikuti oleh para mahasiswa dari Program Studi Sastra Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang. Pada seleksi akhir, diambil 20 mahasiswa dari kedua Program Studi tersebut yang kemudian diberi pelatihan khusus selama satu bulan dengan masing-masing pertemuan selama 90 menit.

Ada empat dosen sebagai pengajar pada pelatihan khusus tersebut, yaitu Santi Andayani, M.A. dan Retno Dewi Ambarastuti, M.Si sebagai pengajar level dasar, serta Ni Made Savitri Paramita, M.A. dan Winda Ika Tyaningrum, M.A. sebagai pengajar level menengah. Penanggungjawab pelatihan ini adalah Efrizal, M.A. Setelah mendapatkan pelatihan, para mahasiswa melakukan simulasi Kanji Cup, sehingga mereka mendapat bekal yang cukup untuk berkompetisi pada acara tersebut.

“Besar harapan bahwa dengan adanya Kanji Cup ini, mahasiswa Program Studi Sastra Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang dapat belajar kanji dengan cara yang lebih menyenangkan sehingga mereka lebih menyukai dan antusias untuk mengikuti kejuaraan Kanji Cup serta mempertahankan juara pertama untuk semua level. Mengingat Kanji Cup adalah piala bergilir, dan FIB UB mempertahankan piala tersebut sejak 2009,”kata Santi Andayani, M.A. selaku koordinator dan pengajar mahasiswa FIB UB peserta Kanji Cup ke-15.

Kanji Cup ke-15 yang bertempat di Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, diadakan oleh Japan Foundation pada tanggal 5 Maret 2017. Peserta Kanji Cup ke-15 adalah semua universitas di Indonesia yang memiliki jurusan atau kursus bahasa Jepang, antara lain UPI, UGM, Unnes, Unitomo, Unair, Untag, Universitas Saraswati, Unesa, UB, dan lain-lain. Kanji Cup diselenggarakan setiap tahun.[DT/MSH/PSIK FIB/Humas UB]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID