Prasetya Online

>

Berita UB

World Class Visiting Professor ke Italia dan Jepang oleh Prof. Fatchiyah

Dikirim oleh denok pada 19 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 77

Prof. Fatchiyah sebagai world class visiting professor pada summer school di Italia
Prof. Fatchiyah sebagai world class visiting professor pada summer school di Italia
Salah satu program peningkatan peringkat dunia dari Universitas Brawijaya (UB) adalah World Class Visiting Professor yang dikenal sebagai "three in one". Melalui three-in-one, program studi berkesempatan untuk mengundang professor atau praktisi profesional dari luar UB baik dalam maupun luar negeri. Banyak dosen/peneliti yang bergelar professor dan doktor (PhD) lebih dikenal di luar negeri karena publikasi, riset dan karya ilmiah yang lain. Salah satunya adalah Prof. Fatchiyah, PhD sebagai dosen FMIPA UB sekaligus Direktur Institute Biosains UB.

Mahasiswa Keperawatan Raih Emas di Malaysia Technology Expo 2018

Dikirim oleh denok pada 19 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 91

Mahasiswa Keperawatan raih emas di Malaysia Technology Expo 2018
Mahasiswa Keperawatan raih emas di Malaysia Technology Expo 2018
Malaysia Technology Expo
(MTE) 2018 merupakan acara Internasional tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2001. Acara ini mewadahi inventor dan innovator untuk mempublikasikan hasil karyanya. Sebagai salah satu acara yang berpengaruh di regional Asia dalam bidang invensi dan inovasi, pada tahun 2018 terdapat 500 invensi, 150 ekshibitor dan 8000 pengunjung dari beberapa negara yang berpartisipasi. MTE diselenggarakan pada 22-24 Februari 2018 di Putra World Trade Centre (PWTC) Kuala Lumpur, Malaysia.

Memanen Mata Air Dari Kampung Konservasi

Dikirim oleh prasetyaFT pada 18 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 97

Prof. Bisri Memantau Sistem Drainase Air
Prof. Bisri Memantau Sistem Drainase Air
Drainase bawah permukaan (subsurface drainage) sering dibuat untuk mengatasi debit limpasan permukaan apabila terjadi genangan akibat banjir. Namun pengembangan teknologi drainase bawah permukaan ini bisa dikembangkan sebagai model konservasi air. Inovasi ini bisa diwujudkan jika teknologi ini digunakan untuk menampung mata air yang berlimpah dan dimanfaatkan untuk budidaya ikan sehingga berdampak ekonomi.

Model ini telah dilakukan di wilayah Purwantoro-Blimbing Kota Malang. Beberapa tahun terakhir ini muncul beberapa titik mata air (spring) yang diduga sebagai dampak positif kegiatan kampung konservasi di RW 23 Kelurahan Purwantoro, atau yang lebih dikenal sebagai Kampung 3G (Glintung Go Green) yang secara morfologi lebih tinggi dari RW 5. Munculnya mata air ini sayangnya masih belum dimanfaatkan oleh warga.

Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi 2018

Dikirim oleh denok pada 18 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 210

Seleksi Diktendik berprestasi UB 2018
Seleksi Diktendik berprestasi UB 2018
Sebanyak 52 Pendidik dan Tenaga Kependidikan Universitas Brawijaya (Diktendik UB) terseleksi mengikuti Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi 2018. Seleksi ini didasarkan pada Surat Edaran Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Nomor 97/D2/KP/2018 tentang Pemilihan Diktendik Berprestasi 2018 yang ditujukan kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi negeri dan koordinator Kopertis di seluruh Indonesia tanggal 23 April 2018.

Workshop Pembuatan Soal HOTS Bahasa Jepang bagi Guru Bahasa Jepang MGMP Malang

Dikirim oleh prasetyafib pada 18 Juli 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 101

Guru MGMP Bahasa Jepang Malang Mengikuti Pelatihan Pembuatan Soal HOTS
Guru MGMP Bahasa Jepang Malang Mengikuti Pelatihan Pembuatan Soal HOTS

Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan kegiatan pelatihan Pembuatan Soal HOTS bagi Guru MGMP Bahasa Jepang Malang. Kegiatan ini dilandasi oleh keluhan siswa dalam mengerjakan soal UN. Menurut Mendikbud, memang benar ada penambahan tingkat kesulitan soal UNBK. Ini karena mulai tahun ini ada 20% soal UNBK sudah menggunakan jenis soal HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Sebenarnya pembelajaran Kurikulum 2013 yang berbasis saintifik sudah memenuhi kriteria pembelajaran HOTS, namun mungkin tidak semua guru bisa menjalankan metode belajar tersebut dengan benar. Kedua, kesulitan terkait dengan tidak terbiasanya siswa dalam mengerjakan jenis soal. Selama ini jenis soal cenderung hafalan saja dan masih sulit untuk mencari contoh soal HOTS. Untuk itulah Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FIB UB ingin memfasilitasi para guru bahasa Jepang di wilayah Malang untuk berlatih membuat soal HOTS yang hasilnya bisa digunakan untuk latihan mandiri siswa di sekolah masing-masing.