Prasetya Online

>

Berita UB

Datangi UB, Profesor NCU Ingin Kembangkan Kerjasama

Dikirim oleh denok pada 12 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 116

Profesor NCU kunjungi UB
Profesor NCU kunjungi UB
Sebuah universitas negeri ternama yang terletak di Kota Chung Li Kabupaten Taoyuan Taiwan, National Central University (NCU), telah sejak tahun 2009 bekerjasama dengan Univesitas Brawijaya (UB). Kerjasama ini diawali dengan penyelenggaraan double degree untuk program magister dan doktoral. Vice President bidang International Affairs NCU Hsieh-Lung Hsu, PhD menyampaikan hal ini disela kegiatannya bertemu Rektor Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS di ruang jamuan gedung rektorat dalam kunjungannya ke UB.

Kunjungannya pada Jum'at (9/11/2018) untuk menghadiri serangkaian kegiatan seleksi international students recruitment dengan beasiswa Rp. 16 juta rupiah per bulan. Selain UB, seleksi dan kerjasama serupa juga dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi lain di Indonesia seperti ITB, ITS, UGM, UNS, UMM, dan UMY. Selain itu, kunjungannya juga bermaksud untuk memperluas kerjasama diantaranya dalam joint research, visiting professor, serta pendidikan dengan mempromosikan beberapa program seperti double degree, short term, dan intensive course.

Ir. Beno Kunto: Big Data Era is Collaboration Era

Dikirim oleh dinaoktavia pada 11 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 98

CEO Solusi 247 dan Labs247  Ir. Beno Kunto Pradekso, M.Sc.
CEO Solusi 247 dan Labs247 Ir. Beno Kunto Pradekso, M.Sc.
“Big Data Era is Collaboration Era
”, ungkap Ir. Beno Kunto Pradekso, M.Sc. CEO Solusi247 dan Labs247 yang hadir sebagai salah satu keynote speaker pada Joint Conference Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) 2018 (11/11/2018). Disampaikannya, saat ini pada era revolusi industri 4.0, peran big data sangatlah penting karena berbagai keputusan yang akan diambil pada berbagai bidang akan didasarkan pada hasil analisa data yang jumlahnya besar dan beragam atau disebut big data. Sebagai contoh, pada perusahaan manufaktur, hasil analisa big data akan mampu menjadi dasar atas perbaikan sistem manajemen dan efisiensi produksi yang kemudian berujung pada peningkatan keuntungan di masa mendatang.

Meski demikian, hingga saat ini masyarakat, pelaku bisnis bahkan pemerintah di Indonesia belum benar-benar peduli akan pentingnya pemanfaatan big data. Yang menjadi kendala untuk bisa memanfaatkan big data adalah kebutuhan biaya yang besar. Dikarenakan big data butuh hardware dan software khusus yang bila dibeli dari perusahaan berlisensi seperti IBM, Oracle, Intel atau Dell harganya mencapai nilai yang fantastis. Oleh karena itu Ir. Beno menyarankan penggunaan open source untuk menekan biaya penggunaan software, hardware, storage dan consulting. Sementara itu dana dapat dialihkan untuk investasi pada pengembangan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Dimana saat ini posisi penting sebagai engineering yang bertanggungjawab atas Big Data di perusahaan di Indonesia kebanyakan adalah warga negara asing. Diharapkan dengan metode ini maka SDM dalam negeri bisa terangkat.

Joint Conference FILKOM UB 2018

Dikirim oleh dinaoktavia pada 10 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 70

Keynote Speech Prof Hashimoto
Keynote Speech Prof Hashimoto
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Joint Conference 2018 (10/11–11/11/2018).

Acara ini terdiri atas tiga rangkaian kegiatan meliputi konferensi ilmiah, research showcase/ pameran penelitian dan kuliah tamu.

Konferensi ilmiah yang diselenggarakan terdiri dari dua konferensi internasional dan  satu konferensi nasional yaitu International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET 2018), International Symposium on Geoinformatics (ISyG 2018) dan Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN 2018).

Kuliah Tamu dan Rekrutmen Beasiswa Studi Lanjut NCU Taiwan

Dikirim oleh dinaoktavia pada 09 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 135

Interview Pelamar Program Doktoral
Interview Pelamar Program Doktoral
Professor of Department of Computer Science & Information Engineering 
Prof. Dr. Liang, Deron  menjadi pemateri Kuliah Tamu “Research Sharing Intelligent Software System Laboratory, NCU Taiwan” di ruang H1.6 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada Jumat (9/11/2018). Dia juga hadir untuk menjadi interviewer bagi para peserta seleksi Rekrutmen Beasiswa Studi Lanjut di NCU Taiwan yang diadakan usai kuliah tamu.

Mengawali paparannya, Prof. Dr. Liang, Deron terlebih dahulu menyampaikan gambaran umum tentang NCU Taiwan yang didirikan sejak 1915.

NCU Taiwan saat ini berada di posisi 391 berdasarkan QS World Ranking, posisi 4 di Taiwan beradasarkan U.S. News & World Report, serta posisi 3 di Taiwan berdasarkan Google Scholar Citation. Terdapat 9 department di NCU yang meliputi College of Science, College of Hakka Studies, Center for Space and Remote Sensing Research, College of Liberal Arts, College of Engineering, School of Management, College of Electrical Engineering and Computer Science, College of Earth Science dan College of Health Science&Technology.

Senat UB Berikan Rekomendasi ke Rektor

Dikirim oleh oky_dian pada 09 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 208

Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS Bersama Rektor UB Prof Nuhfil
Ketua Senat UB Prof Dr Ir Arifin MS Bersama Rektor UB Prof Nuhfil
Pemimpin Senat Universitas Brawijaya memberikan empat rekomendasi kepada rektor dalam rangka pengembangan pergurun tinggi ke depan.

Sekretaris Senat UB Prof. Dr. Iwan Triyuwono menyebutkan empat rekomendasi yang diberikan kepada rektor meliputi empat aspek yaitu, Sumber Daya Manusia (SDM), Mentalitas SDM, Budaya Organisasi, serta Tata Kelola dan Akuntabilitas.

"Senat menganggap sangat penting dan krusial aspek SDM karena maju mundurnya UB tergantung sebera kuat SDM dosen, tenaga kependidikan, dan pimpinan itu sendiri. Rekomendasi yang diberikan senat sejak perekrutan dosen dan tenaga kependidikan harus ketat dan bebas KKN. Kalau sudah diterima tidak dibiarkan begitu saja harus ada sistem pengembangan pembinaan hingga mereka pensiun sehingga kualitas tetap terjaga dan meningkat,"kata Iwan.