Prasetya Online

>

Berita UB

Gali Genotip Potensial Bunga Matahari Lokal Berkadar Minyak Tinggi

Dikirim oleh vicky.nurw pada 22 Juni 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 264

Genotip Bunga Matahari Sempurna
Genotip Bunga Matahari Sempurna
Minyak bunga matahari merupakan salah satu minyak nabati yang sedang tren di seluruh dunia termasuk Indonesia. Nilai gizi dan manfaat yang dapat digunakan sebagai bahan kosmestik, obat- obatan, minyak masakan rumah, margarin dan keperluan industri lainnya membuat permintaan masyarakat Indonesia semakin meningkat. Akan tetapi, realitasnya produksi biji bunga matahari di Indonesia masih sangat terbatas dan cenderung hanya mengarah pada pemanfaatan biji bunga matahari sebagai bahan pangan.

Mahasiswa FK Teliti Mengkudu Untuk Obat Tidur

Dikirim oleh vicky.nurw pada 22 Juni 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 241

Ekstrak Mengkudu
Ekstrak Mengkudu
Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan buah majemuk yang banyak ditemui di Indonesia. Tanaman ini selain dikonsumsi sebagai bahan makanan, juga banyak digunakan sebagai alternatif obat-obatan herbal. Untuk menambah daftar manfaat buah mengkudu, lima orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya melakukan penelitian terhadap manfaat ekstrak mengkudu dan kaitannya dengan fasilitasi tidur.

POKARI: Program Penataan Diet Bagi Penderita Diabetes Melitus

Dikirim oleh oky_dian pada 22 Juni 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 242

Empat Mahasiswa FK UB yaitu Sindy Olivia Roemahlaiselan, Siti Fatmawati, Nanda Vier Yursyidah dan Ryka Widyaningtyas menggagas ide yang dinamakan Pos Konseling Kebutuhan Kalori Diabetes Mellitus atau POKARI.

POKARI ialah program yang dirancang sebagai upaya penataan diet menu sehari-hari untuk individu dengan diabetes mellitus. Konseling kalori itu sendiri merupakan proses penyampaian informasi terkait kebutuhan kalori masing-masing individu agar pola makan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan adanya program ini, maka tim ikut serta dalam membantu dan meningkatkan mutu program pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Fokus program ini terhadap program pemerintah adalah upaya pengendalian penyakit tidak menular (PTM), Diabetes Melitus.

Grand Launching MTQMN XV

Dikirim oleh oky_dian pada 21 Juni 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 191

Grand Launching MTQMN XV
Grand Launching MTQMN XV
Universitas Brawijaya (UB) bekerjasama dengan  Universitas Negeri Malang (UM) menggelar grand launching MTQMN XV di Ruang Jamuan Lantai 6, Gedung Kantor Pusat UB, Senin (19/6/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UB Prof. M. Bisri, Wakil Rektor UM, serta undangan dari dunia perbankan dan pengusaha di Malang.

AcaraMTQMN XV yang diisi 13 jenis lomba tersebut akan diadakan mulai tanggal 28 Juli hingga 3 Agustus 2017. Kompetisi tingkat nasional tersebut akan diikuti sekitar 278 Perguruan Tinggi se Indonesia dengan jumlah peserta sementara yang sudah terdaftra sebanyak 2011 kafilah dan 345 official.

Nantinya tujuh macam lomba akan diadakan di UB dan enam lomba lainnya akan dilaksanakan di UM. Selain lomba ada acara pendukung yang akan dilaksanakan di UB, antaralain bazar, pameran, Khotmil Qur'an dengan pemecahan rekor MURI tujuh hari tanpa putus.

Ketua panitia pelaksana A. Muwafik Saleh mengatakan meskipun selama ini UB belum pernah mendapatkan juar, namun sebagai tuan rumah berharap bisa menjadi juara umum dalam lomba MTQMN kali ini. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

Butuh Dukungan Lebih untuk Berdayakan Mahasiswa Internasional

Dikirim oleh denok pada 21 Juni 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 277

Perwakilan kontingen futsal mahasiswa internasional UB bersama Wakil Rektor III (kedua dari kanan)
Perwakilan kontingen futsal mahasiswa internasional UB bersama Wakil Rektor III (kedua dari kanan)
Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, MS mengapresiasi prestasi kontingen UB dalam "International Students Futsal Championship 2017" yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro. Hal ini disampaikan WR III setelah menerima kontingen yang terdiri dari mahasiswa internasional pada Program Pasca Sarjana (PPS) UB, Rabu (21/06/2017).

Kejuaraan Futsal untuk mahasiswa internasional ini, menurut WR III baru pertama kali diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). Dua tim UB yang didelegasikan dalam ajang tersebut meraih penghargaan sebagai Tim paling kompak (Team with The Best Congeniality).