Prasetya Online

>

UB News

Mengevaluasi Produksi dan Nilai Nutrisi Rumput Paspalum sp, Dosen Untad Raih Gelar Doktor di Fapet UB

Print version PDF version RTF version
Submit by dietodita on July 12, 2018 | Comment(s) : 0 | View : 105

Disertasi Ir. Eko Poetri, M.Si
Disertasi Ir. Eko Poetri, M.Si
Rumput paspalum sp merupakan hijauan lokal yang sangat berlimpah di Indonesia dan jenisnya pun beragam. Rumput paitan ini digunakan sebagai pakan utama rusa di penangkaran seperti paspalum atratum, paspalum notatum, dan paspalum gueonarum. Salah satu alternatif untuk meningkatkan produksi dan kualitasnya yakni melalui aplikasi penggunaan bioteknologi pupuk hayati mikoriza.

Berangkat dari latar belakang  tersebut Ir. Eko Poetri, M.Si, salah satu dosen Universitas Tadulako – Palu melakukan penelitian berjudul “Evaluasi Produksi dan Nilai Nutrisi Beberapa Jenis Rumput paspalum sp yang Dipupuk dengan Mikroba Arbuskula Sebagai Pakan Rusa.” Tujuannya untuk memperoleh jenis rumput paspalum sp dengan pemupukan mikoriza arbuskula yang menghasilkan produksi dan nilai nutrisi paling tinggi. Sehingga didapatkan formulasi pakan dengan penggunaan rumput paspalum sp sebagai bahan dasar untuk meningkatkan penampilan rusa.

Dibawah bimbingan promotor Prof. Ifar Subagyo (Fapet UB), Prof. Hartutik (Fapet UB), dan Prof. Eko Handayanto (FP UB), penelitian menggunakan dua tahap.

Tahap pertama terdiri dari dua percobaan yaitu evaluasi produksi dan nilai nutrisi arbuskula, serta evaluasi produktivitas paspalum sp yang dipupuk dengan mikoriza arbuskula pada jarak tanam berbeda. Kedua percobaan tersebut untuk mengamati pertambahan tinggi tanaman, jumlah anakan, produksi hijauan, kecernaan in vitro, produksi tercerna, kandungan nutrient, dan kolonisasi mikoriza arbuskula pada akar rumput.

Sementara itu penelitian tahap dua ia menggunakan hasil rumput terbaik dari penelitian tahap pertama dengan menggunakan metode in vivo dan Rancangan Acak Kelompok (RAK).  Tahap ini untuk mengamati konsumsi bahan kering (BK), bahan organik (BO), dan protein kasar (PK), kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik, konsumsi nutrient tercerna, retensi nitrogen, pertambahan bobot badan harian, dan efisiensi pakan.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian disertasi ini adalah rumput paspalum atratum yang dipupuk mikoriza arbuskula sebanyak 30 spora per 5 kg tanah dengan jarak tanam 40 cm x 40 cm memiliki potensi produksi dan nutrient paling baik. Ia memberikan saran sebagai upaya pengingkatan penampilan rusa di lahan penangkaran rusa hutan penelitian Darmaga Bogor untuk menggunakan pakan paspalum atratumdengan suplemen konsentrat lokal dengan rasio BK 50:50.

Penelitian tersebut telah dipresentasikan melalui ujian terbuka sidang akhir disertasi, Senin (9/7/2018). Bertempat di ruang seminar lt.5 Gd. V Fakultas Peternakan (Fapet) UB Ir. Eko Poetri, M.Si berhasil mendapatkan nilai A dan berhak menyandang gelar doktor. (dta/Humas UB)

 

 

Comments

Send your comment

Use ID