Prasetya Online

>

UB News

Pakar Psikologi Kejiawaan: Hidup Harus Bermanfaat Untuk Orang Lain

Print version PDF version RTF version
Submit by prasetyafisip on July 06, 2018 | Comment(s) : 0 | View : 420

Pakar Psikologi Kejiwaan Prof. dr. Marlina Setiawati Mahajudin, Sp. KJ(K), PGD Pall. Med. (ECU)
Pakar Psikologi Kejiwaan Prof. dr. Marlina Setiawati Mahajudin, Sp. KJ(K), PGD Pall. Med. (ECU)

 

Palliative Care atau Perawatan Paliatif merupakan perawatan yang dilakukan kepada pasien yang menderita penyakit kronis stadium lanjut dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup pasien. Perawatan ini dapat dilakukan dengan cara pendekatan dari sisi psikologis, psikososial, mental, serta spiritual pasien.

Pakar Psikologi Kejiwaan Prof. dr. Marlina Setiawati Mahajudin, Sp. KJ(K), PGD Pall. Med. (ECU) menjelaskan lebih lanjut hal tersebut dalam Seminar Internasional dengan tema “Caring for Palliative Needs : Current Approaches for Psycho-oncology” yang diadakan oleh Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB, Selasa (03/07/2018), yang diadakan oleh Jurusan Psikolgi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya. Dia mengatakan bahwa perawatan paliatif sangat diperlukan agar pasien dapat lebih tenang, bahagia, serta nyaman ketika menjalani pengobatan.

Bertempat di Auditorium Nuswantara FISIP UB, Marlina juga menyampaikan pesan-pesan positif kepada seluruh peserta yang hadir. “Add live to years, not years to live. Tujuan hidup kita seharusnya bukan hanya memiliki umur panjang, namun kita harus dapat memanfaatkan sisa-sisa umur ini dengan baik serta dapat bermanfaat untuk orang lain,”katanya di tengah-tengah kegiatan. (Lita / Humas FISIP)


Comments

Send your comment

Use ID