Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop Pengembangan Profil dan Kurikulum Jurusan Sistem Informasi

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh dinaoktavia pada 02 Mei 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 267

Tony Dwi Susanto
Tony Dwi Susanto
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (JSI FILKOM UB) mengadakan workshop Pengembangan Profil dan Kurikulum Jurusan Sistem Informasi, Jumat (26/4-27/4/2019). Kegiatan tersebut sebagai dasar penyusunan kurikulum baru yang akan dipergunakan pada tahun ajaran baru mendatang.

Workshop menghadirkan beberapa pemateri, yaitu Konsultan Ahli Bidang Sistem Informasi dan Teknik Informasi Tony Dwi Susanto, ST, MT,Ph.D dan Konsultan Ahli Bidang Teknologi Informasi Khakim Ghozali, M.MT. Kedua narasumber tersebut merupakan pakar dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS).

Dalam paparannya, Tony mengatakan hingga saat ini persepsi dunia kerja tentang alumni prodi Sistem Informasi (SI) tidak berbeda dengan lulusan prodi informatika atau ilmu komputer.

Namun kenyataannya sering kali ditemukan lulusan prodi SI lemah dalam programming.

Dia menambahkan berdasarkan kesepakatan forum pimpinan prodi SI se-Indonesia, positioning disiplin ilmu Sistem Informasi menghasilkan lulusan dengan kemampuan menjadi penghubung antara orang bisnis (non-technical) dengan orang teknologi informasi (technical).

Oleh karena itu, lulusan SI harus memahami konsep, metode dan solusi bisnis serta organisasi, sekaligus memahami konsep, metode dan solusi teknologi informasi. Dengan kata lain lulusan SI harus memahami aspek non teknis (bisnis, sosiologi, psikologi, ekonomi bisnis, antropologi, dsb.) dan juga aspek teknis (ilmu komputer, informatika, elektronika, telekomunikasi, networking, dsb.).

Secara spesifik, Tony mengatakan yang perlu dipelajari pada disiplin ilmu SI meliputi aspek pengetahuan domain tertentu (general models of domain, key specializations within the domain dan evaluation of performance within the domain), aspek pengetahuan dasar (leadership dan communication, serta kemampuan bekerja secara individual dan organizational), aspek pengetahuan spesifik SI (IS management dan leadership, data dan information management, system analysis & design, IS project management, enterprise architecture, user experience serta professional issues in information systems) dan aspek pengetahuan computing umum (programming fundamentals, algorithms & complexity, architecture & organization, operating systems, net centric computing, programming languages, graphics and visual computing serta intelligent systems).

Sementara itu dalam paparannya Khakim menjelaskan tentang trend profil lulusan prodi TI dan sharing tentang kurikulum yang diberlakukan di departemen TI ITS. Disampaikan Khakim, 6 jenis pekerjaan kompetensi utama bidang TI adalah cloud & distributed computing, web architecture & development framework, middleware & integration software, user interface design, network & information security dan storage systems & management. Hingga saat ini beberapa posisi pekerjaan yang masih sulit diisi berdasarkan survei people3 pada 153 perusahaan di Amerika Serikat adalah internet/web architect, network architect, security analyst dan network engineer. Oleh karena itu lapangan pekerjaan bagi lulusan TI sebenarnya masih sangat luas, namun demikian para lulusan harus dibekali dengan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Maka dari itu penyusunan kurikulum yang tepat menjadi dasar bagi tercetaknya lulusan yang handal.

Peserta workshop kali ini adalah seluruh dosen JSI sebanyak 28 orang. [dna/Humas UB]

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID