Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop Pemenang PHK Ketahanan Buku 2018

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ronnysetiantoko pada 11 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 614

Workshop Pemenang PHK Ketahanan Buku 2018
Workshop Pemenang PHK Ketahanan Buku 2018
Sebanyak 85 Peserta Pemenang Program Hibah Kompetensi (PHK) Ketahanan Buku 2018, pada Rabu (9/5/2018) mengikuti Workshop "Penulisan buku Ilmiah Populer dan Penandatangan Kontrak Pemenang PHK Ketahanan Buku 2018".

Kegiatan yang berlangsung di Ijen Suites Resort & Conventions Malang ini dibuka secara langsung oleh Direktur BUA UB Prof. Drs. Gugus Irianto, MSA., PhD.Ak serta menghadirkan pembicara antara lain Bambang Trimansyah serta beberapa penjelasan dari  Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, MS selaku Direktur UB Press.

Dalam laporannya Ketua Panitia Dr. Sony Sukmawan, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan PHK Ketahanan Buku selain untuk meningkatkan kapasitas dosen dalam publikasi ilmiah juga sebagai ajang menciptakan dan menyediakan buku teks yang dapat dinikmati mahasiswa UB khususnya serta masyarakat luas pada umumnya, sehingga dapat membantu mempercepat peningkatan reputasi UB di kancah nasional maupun internasional.

"Selain itu juga harapannya UB mampu menghasilkan buku yang layak jual sehingga memberi keuntungan kepada institusi," tambah Sony.

Rangkaian PHK Ketahanan Buku 2018 sendiri berlangsung mulai bulan Februari dan akan berakhir pada bulan November. Yang meliputi tahapan sosialisasi pada seluruh fakultas di lingkungan UB kemudian penyerahan proposal bahan draf buku minimal 80%, dilanjutkan dengan tahap seleksi administratif, seleksi internal dan seleksi eksternal, pengumuman pemenang, kemudian workshop penulisan dan penandatanganan kontrak pemenang, penyelesaian buku 100%, review, revisi hasil review, kemudian design dan penataletakan serta terakhir penyetakan buku.

Dijelaskan Sony, proposal yang diterima panitia hampir tersebar rata di lingkungan fakultas UB. Sebarannya meliputi FEB menyumbang 13 proposal, FH 5 proposal, FIA 18 proposal, FIB 12 proposal, FILKOM 6 proposal, FISIP 17 proposal, FK 21 proposal, FKG 4 proposal, FKH 1 proposal, FMIPA 22 proposal, Pascasarjana 1 proposal, FPIK 18 proposal, FP 9 proposal , FPt 10 proposal, PSLD 1 proposal, FT 26 propsal, FTP 8 proposal, Program Vokasi 2 proposal, sehingga total proposal yang masuk ke panitia sebanyak 196 proposal.

"Melalui 3 lapis seleksi baik seleksi administratif, seleksi internal maupun seleksi eksternal atau seleksi pakar dan mengacu pada sejumlah kriteria penilaian administratif maupun substantif. Telah ditentukan bahwa ada 85 buah proposal yang lolos dan menjadi pemenang PHK Ketahanan Buku pada tahun ini. Dan mereka nantinya akan mendapat fasilitas, diantaranya menerima dana hibah sebesar Rp. 25 juta serta royalti buku sebesar 15 % setelah penjualan buku melampaui angka 600 eksemplar," ungkap Sony. [ronny/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID