Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop Pembuatan Molekuler Probe DNA/RNA

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 26 November 2007 | Komentar : 0 | Dilihat : 3207

Workshop Pembuatan Molekuler Probe (DNA/RNA)
Workshop Pembuatan Molekuler Probe (DNA/RNA)
Diikuti peminat bioteknologi tingkat lanjut, Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) Universitas Brawijaya menyelenggarakan Workshop Pembuatan Molekuler Probe (DNA/RNA). Workshop ini diselenggarakan di Laboratorium Biologi Molekuler selama lima hari, Senin-Jumat (26-30/11).
Direktur LSIH, Fatchiyah PhD, menjelaskan, peserta kegiatan melalui seleksi berdasar latar belakang keilmuan, penelitian, pengalaman serta pemerataan bidang-bidang keilmuan. Aneka workshop lain penunjang materi ini bagi tingkatan pemula di antaranya adalah Workshop Analisis Biologi Molekuler, Workshop Isolasi dan Analisis DNA serta Workshop Isolasi dan Analisis Protein. Menurut Fatchiyah, Isolasi DNA, RNA dan Protein banyak dimanfaatkan dalam dunia forensik, sidik jari DNA serta penanda penyakit.
Untuk workshop ini, LSIH menyiapkan secara khusus infrastruktur yang dibutuhkan. ?Agar peserta dapat bekerja secara maksimal, workshop ini membutuhkan lingkungan dengan sterilisasi tinggi sehingga setiap peserta wajib menggunakan masker dan sarung tangan?, ujarnya. Ia pun menyebut sebuah alat yang digunakan dalam workshop tersebut di antaranya Polymerase Chain Reaction (PCR).
Infrastruktur Tambahan bagi Laboratorium Sentral Dijelaskan Fatchiyah, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah infrastruktur peralatan di Laboratorium Sentral Ilmu Hayati (LSIH) Universitas Brawijaya.
Peralatan tersebut meliputi satu set micromanipulator, satu set microinjection dan microscope inverted, 2 dimension electroforesis, gel imaging, serta ultrasentrifuge 150000 rpm. Sementara itu, sebuah alat yang telah ada, yaitu confocal laser scanning microscope, sampai sejauh ini telah diperkenalkan kepada berbagai pihak yang berminat. Termasuk saat ini, beberapa staf akademis dan mahasiswa dari program biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengikuti kegiatan Workshop Confocal Laser Scanning Microscope selama empat hari, Senin-Kamis (26-29/11) di LSIH. Dalam workshop tersebut, peserta mengikuti kegiatan tutorial diikuti observasinya. [nok]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID