Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop Internasional FK UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh humas3 pada 02 Februari 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5593

Prof. Sean Hilton
Prof. Sean Hilton
Selama dua hari, Kamis-Jumat (26-27/1) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB)  bekerjasama dengan St George's University of London menyelenggarakan  Workshop Internasional bertemakan  "Develoving A Clinical Rotation And Internship Management System To Achieve Global Competency" yang dipusatkan di Gedung Graha Medika Lantai 2. Acara dibuka secara langsung oleh Dekan FK UB Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA.

Sebelum memulai seminar, terlebih dahulu dilakukan penandatangan Piagam Kesepahaman Bersama (MoU) antara FK UB dengan St George's University of London.

Penandatanganan MoU
Penandatanganan MoU
FK UB diwakili langsung oleh Dekan Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA sedangkan dari St George's University of London diwakili oleh Prof. Sean Hilton selaku Direktur Hubungan Internasional. Dalam MoU tersebut kedua belah pihak menyepakati beberapa hal diantaranya adalah kolaborasi penelitian, pertukaran mahasiswa, standarisasi kurikulum pendidikan dokter, penelitian di bidang biomedik, dan program dual degree.

Pada acara workshop hadir sebagai pemateri Ketua Komite Internsip Dokter Indonesia, Prof. Dr. Mulyohadi Ali, dr, Sp.FK memaparkan tentang Program Internsip Kedokteran Indonesia.

Internship merupakan suatu program magang bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi, dengan tujuan meningkatkan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh selama pendidikan.

"Diharapkan dengan adanya internship bisa menghasilkan dokter yang profesional, mandiri dan ahli di bidangnya masing-masing," ungkapnya.

Lebih lanjut Prof. Mulyohadi menyampaikan kegiatan intrenship ini merupakan program yang dinamis dan perlu evaluasi berkelanjutan serta menjalin kolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan program ini agar bisa lebih baik lagi.

Sedangkan Prof. Sean Hilton memaparkan tentang Profesionalisme Pengajaran dan Pembelajaran dalam Pendidikan Kedokteran. Prof. Sean menyampaikan seorang dokter profesional adalah seseorang yang melakukan tugasnya dengan benar pada waktu yang tepat, untuk alasan yang benar bahkan ketika tidak ada seorangpun yang melihat pekerjaannya.

"Profesionalisme seorang dokter tercermin melalui perilaku sehingga kepercayaan publik  terhadap seorang dokter akan meningkat," ungkapnya.

Prof. Sean juga menyampaikan sikap profesionalisme juga bisa dilihat dengan enam indikator yaitu menghargai pasien, menjunjung etika praktek, bertanggungjawab pada setiap tindakan, bekerja dengan tim, mempunyai tanggungjawab sosial, dan mempunyai kesadaran tinggi. [arr]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID