Prasetya Online

>

Berita UB

Workshop Desain Karakter bagi Mahasiswa Jurusan SI FILKOM

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 16 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 242

Papang Dalam Workshop Desain Karakter
Papang Dalam Workshop Desain Karakter
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (Jurusan SI FILKOM UB) menyelenggarakan Workshop Desain Karakter pada Selasa (02/10/2018). Pemateri pada acara workshop ini adalah Papang Jakfar, S.Sn. selaku Ilustrator dan pemenang Lomba Maskot Kota Malang. Bertempat di ruang kelas gedung F lantai 4 FILKOM, acara ini dihadiri oleh sekitar 70 mahasiswa Mata Kuliah Desain Grafis dan Multimedia Interaktif FILKOM.

Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. selaku dosen pengampu mata kuliah mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan gambaran nyata tentang proses kreatif dalam desain mulai dari scratch, meningkatkan softskill ilustrasi dan menunjang capaian pembelajaran Mata Kuliah Desain Grafis dan Multimedia Interaktif itu sendiri.

Paparan materi dari Papang dimulai dengan materi dasar desain karakter. Dijelaskan bahwa desain karakter dapat dikembangkan dari bentuk dasar seperti kotak, lingkaran, segitiga, bentuk-bentuk dasar benda di sekitar kita dan bentuk organik. Tiap-tiap bentuk dasar memiliki kesan tertentu. Sebagai contoh lingkaran memiliki kesan friendly, lembut, lucu dan approachable. Kemudian Kotak memiliki kesan kuat, stabil, lambat dan kokoh. Sementara Segitiga memiliki kesan berbahaya, tajam, licin dan dinamis. Bentuk dasar tersebut juga dapat dikombinasikan. Misalkan lingkaran dan kotak, kotak dan segitiga atau segitiga dan lingkaran.

Selain memberikan materi, Papang juga membimbing peserta dalam praktek pengembangan karakter oleh mahasiswa. Dalam seksi praktek ini mahasiswa menggambar bentuk dasar, kemudian diserahkan ke teman lain yang bertugas mengembangkan karakter berdasarkan bentuk dasar tersebut.

Bagi mahasiswa yang karyanya dinilai menarik oleh pemateri diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karyanya tersebut di depan peserta yang lain. Acara kemudian ditutup dengan tanya jawab dan sharing pengalaman pemateri saat mengikuti Lomba Maskot Kota Malang. [Hani/dna/Humas UB]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID