Prasetya Online

>

Berita UB

Wanita Tani Mojokerto Belajar Membuat Kue Bawang Merah di FTP UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 24 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 339

Pelatihan Pembuatan Kue Bawang
Pelatihan Pembuatan Kue Bawang
Anggota kelompok tani bawang merah Pacet Mojokerto mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB), Selasa (23/04/2019). Kedatangan kedua belas anggota kelompok tani tersebut dalam rangka mengikuti pelatihan pembuatan aneka kue bawang merah bersama Chef Hendro dari Unit Food Production Training Centre (FPTC) FTP.

“Untuk pelatihan kali ini kami mencoba mengolah bawang merah menjadi aneka kue lebaran ataupun teman minum teh seperti roll cake, bagellen hingga soes kering. Sebenarnya proses pembuatannya sama saja seperti pada umumnya. Hanya bedanya kali ini kami juga mengunakan bawang merah sebagai variasi. Sehingga jika biasanya rollcake terasa manis, kali ini lebih gurih namun tetap lezat. Untuk rollcake, bawang merah disini merupakan campuran krim dan abon sebagai topping, selain itu kami juga gunakan bawang merah pada kulit cake untuk menghasilkan cita rasa yang unik sejak gigitan pertama. Bawang merah juga kami gunakan sebagai topping pada produk bagellen dan soes kering. Adanya variasi bawang merah ini membuat aneka kue yang dipelajari hari ini menjadi lebih crunchy dan gurih dibanding kue kue lain yang sejenis,” papar Chef Hendro.

Sementara itu ketua kegiatan, Dr. Widya Dwi Rukmi Putri, STP.MP., menjelaskan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pelatihan pengolahan bawang merah dari program Doktor Mengabdi LPPM UB 2018 lalu. Namun kali ini kami sengaja mengolahnya menjadi aneka kue untuk meningkatkan nilai ekonominya.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap peserta pelatihan dapat lebih mengoptimalkan nilai ekomonis bawang terutama bawang merah ukuran kecil yang berharga rendah ketika dipasarkan segar.  Artinya bawang mereka tidak langsung dijual begitu saja, tetapi dapat diolah menjadi aneka makanan modern yang unik dan bernilai jual tinggi," pungkasnya.

Diakhir acara, salah satu anggota kelompok tani, Sholikah mengungkapkan apresiasinya.

"Alhamdulillah saya berterimakasih kepada bu Widya, Chef Hendro dan segenap tim DM & FTP UB yang telah membuka wawasan kami semua. Saya benar benar tidak menyangka ternyata bawang merah dapat juga diolah menjadi berbagai variasi kudapan. Baru kali ini saya membuat rollcake bawang merah dan ternyata rasanya lumayan enak. Bawang merah ternyata tidak hanya bisa jadi bawang goreng tapi juga bisa jadi kue seperti ini. Wah ini bisa jadi kue khas daerah kami nantinya,"  kata Sholikah. (dse/Humas UB)

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID