Prasetya Online

>

Berita UB

Vokasi Adakan Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 31 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 531

Bertempat di lantai 4 Gedung Vokasi, sebanyak 24 dosen Program Pendidikan Vokasi, Universitas Brawijaya melaksanakan pelatihan Metodologi Penelitian Dan Penulisan Jurnal Internasional, Selasa (30/01/2018). Pelatihan tersebut mengundang pemateri yang memiliki latar belakang lulusan universitas di Jepang serta memiliki track record terbaik dibidang kepenulisan di Universitas Brawijaya yaitu Akhmad Sabarudin, S.Si., MSc., Dr.Sc dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Harnan Malik Abdullah ST, M.Sc selaku Ketua Pelaksana menjelaskan tentang latar belakang kegiatan ini. "Karena kurang maksimalnya budaya menulis dan publikasi di Vokasi, sehingga acara ini memberikan gambaran tentang proposal penelitian, metodologi, serta struktur dari jurnal internasional. Dari sini kita akan mencoba mencari permasalahan yang ada di sekitar dan akan dibuat pelatihan lanjutan," jelas Harnan.

Melalui pelatihan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan publikasi. "Bagian latar belakang merupakan bagian pertama dibaca oleh reviewer dan di bagian ini pula dapat menentukan diterima atau tidaknya suatu karya tulis. Setelah itu metodologi penelitian, dan yang tidak kalah penting adalah format yang harus sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh pihak dimana kita akan mengajukan proposal penelitian," jelasnya.

Pelatihan ini juga membahas bagian abstraksi hingga referensi dalam jurnal internasional. Akhmad juga mengajak peserta pelatihan untuk meningkatkan budaya menulis. "Tujuannya supaya Vokasi dapat menciptakan budaya menulis yang baik serta memiliki jurnal berstandar internasional," jelasnya. Upaya ini, menurut Akhmad dapat dimulai dengan mengajak kerjasama dengan fakultas lain yang punya keterkaitan bidang dengan Vokasi.[vida/vicky/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID