Prasetya Online

>

Berita UB

Visitasi Akreditasi Ulang BAN-PT Program Studi Teknik Informatika

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh dinaoktavia pada 31 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 773

Visitasi ulang akreditasi Program studi Teknik Informatika
Visitasi ulang akreditasi Program studi Teknik Informatika
Program Studi Teknik Informatika (Prodi TIF), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menerima kunjungan dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selama tiga hari (24-26/5/2018). Tim asesor yang hadir adalah Prof. Dr. Ir. Agus Buwono, M.Si., M.Kom. dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Dr. Techn. Ahmad Ashari, M.Kom. dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dijelaskan oleh Mochammad Hannats Hanafi Ichsan, S.ST., M.T. selaku ketua pelaksana visitasi akreditasi ulang Prodi TIF FILKOM UB bahwa Prodi TIF adalah Prodi yang sudah memiliki Akreditasi BAN-PT dengan nilai B dan akan habis masa berlakunya pada tahun 2018 ini. Oleh karenanya tim akreditasi telah melakukan penyusunan borang akreditasi sejak tahun 2017. Kemudian pada awal tahun 2018, borang akreditasi telah dikirimkan ke BAN-PT. Proses visitasi merupakan proses audit yang dilaksanakan oleh BAN-PT untuk melihat, melakukan verifikasi dan melakukan klarifikasi terhadap borang yang telah dikirimkan oleh Prodi.

Secara umum asesmen di Prodi TIF pada visitasi akreditasi tersebut terdiri atas asesmen lapangan dan asesmen dokumen pendukung borang. Asesmen lapangan termasuk didalamnya meninjau sarana prasarana yang ada dengan berkeliling FILKOM dan juga melakukan dialog dengan sampel mahasiswa, alumni serta tenaga kependidikan. Sementara asesmen dokumen pendukung borang dilakukan di ruang meeting gedung F lantai 7 FILKOM UB dengan mencocokkan kesesuaian dokumen yang ada dengan standar borang 3A dan 3B. Disampaikan oleh M. Hannats bahwa kegiatan visitasi berjalan lancar tanpa permasalahan yang berarti. Diharapkan hasil akreditasi yang akan diumumkan pada tiga bulan mendatang bisa mencapai nilai optimal sesuai dengan yang diharapkan.

"Kita sudah bekerja mempersiapkan dari tahun lalu untuk akreditasi ulang ini. Harapannya bisa mendapat nilai akreditasi A untuk Prodi TIF," ujar M. Hannats. [Filkom/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID