Prasetya Online

>

Berita UB

Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Kenotariatan Ciptakan Fakultas Hukum yang Berintegritas

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh siti-rahma pada 07 Maret 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 829

Visitasi Akreditasi Prodi Magister Kenotariatan
Visitasi Akreditasi Prodi Magister Kenotariatan
Menindaklanjuti pengajuan Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya (FH UB) pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) maka diselenggarakan visitasi akreditasi untuk Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum pada Jum'at (2/3/2018). Hadir sebagai asesor pada kesempatan tersebut adalah Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. dari Universitas Andalas dan Prof. Dr. R. Benny Riyanto, S.H., C.N., M.Hum. dari Universitas Diponegoro. Dalam visitasi akreditasi kali ini mengacu pada tujuh standar yang tertuang dalam Borang 3A tentang Program Studi dan Borang 3B tentang Fakultas. Tujuh standar tersebut terdiri atas (1) visi misi dan tujuan, (2) tata pamong, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber Daya Manusia/SDM, (5) kurikulum dan suasana akademik, (6) pembiayaan dan sarana prasarana, (7) penelitian dan pengabdian masyarakat serta kerjasama.

Dalam visitasi tersebut tim akreditasi Program Magister Kenotariatan memberikan dukungan terbaiknya kepada asesor dengan memberikan bukti dokumen - dokumen terkait yang dibutuhkan untuk proses penentuan akreditasi. Terdapat beberapa agenda yang dilaksanakan dalam kesempatan tersebut, meliputi acara pembukaan, peninjauan fasilitas di FH antara lain laboratorium dan ruang perkuliahan, dilanjutkan dengan pemaparan borang termasuk pemenuhan 7 standar di dalamnya, diskusi asesor dengan mahasiswa serta alumni Program Magister Kenotariatan FH dan penutup. Acara berlangsung di gedung A lantai 6 Ruang Sidang MK, dan Sidang 3 dengan dihadiri oleh jajaran pimpinan, GJM dan UJM, dosen, tenaga kependidikan FH serta mahasiswa dan alumni Program Magister Kenotariatan FH UB. Kegiatan visitasi yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB tersebut berjalan lancar hingga akhir agenda kegiatan.

Dalam penutup, kedua asesor menyampaikan kesimpulan visitasi akreditas yang telah dilakukan dan membuat laporan serta berita acara yang ditandatangani oleh asesor dan perwakilan Program Magister FH UB. Nantinya laporan hasil visitasi dan berita acara akan disampaikan kepada BAN PT untuk dilakukan proses lebih lanjut. Disampaikan oleh Prof. Dr. R. Benny bahwa hasil akreditasi umumnya akan diberikan kepada universitas terkait, paling cepat tiga bulan setelah visitasi. Sementara itu dalam penutup Dr. Rachmad Safa'at, S.H., M.Si. selaku dekan FH menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan serta dalam kegiatan visitasi akreditasi tersebut. Diharapkan hasil akreditasi yang didapat nantinya dapat memenuhi standar harapan seluruh sivitas akademik di FH. [Fhm/Humas/siti-rahma]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID