Prasetya Online

>

Berita UB

Visitasi Akreditasi PS S3 Ilmu Pangan FTP UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh prasetyaftp pada 08 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 523

Visitasi Akreditas Prodi S3 Ilmu Pangan
Visitasi Akreditas Prodi S3 Ilmu Pangan
Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke Program Studi S3 Ilmu Pangan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Senin (08/04/2019). 

Kunjungan site  ini dilakukan setelah tahap proof reading dokumen borang 3A dan 3B. Tim asesor yang hadir meliputi Prof. Dr. Lilis Nuraida (Institut Pertanian Bogor) dan Prof. Dr. Ir. Sri Raharjo, M.Sc. (Universitas Gadjah Mada). Keduanya diterima langsung oleh Dekan FTP Dr. Ir. Imam Santoso,MP., jajaran dekanat,  beserta Tim Task Force S3 Ilmu Pangan FTP di Ruang Sidang FTP lantai 8.

Selama proses visitasi, tim assesor tersebut melihat bukti fisik borang akreditasi dan proses penyediaan layanan jasa pendidikan yang tersedia. Agenda berikutnya adalah pertemuan dengan civitas S3 Ilmu Pangan yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan supporting staff. Selain itu tim assesor juga meninjau fasilitas seperti ruang kerja dosen dan supporting staff,  ruang kelas, laboratorium, perpustakaan hingga fasilitas penunjang lainnya.

Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), Prof. Dr. Teti Estiasih, STP, MP. menjelaskan harapannya.

“PS S3 Ilmu Pangan ini termasuk relatif baru sehingga masih belum punya lulusan, padahal salah satu aspek penilaian akreditasi adalah performasi lulusan di standar tiga. Karenanya, mungkin agak sulit bagi PS baru untuk mendapat nilai A,  sehingga kita berharap setidaknya bisa mendapat nilai B. Tetapi kita optimis untuk mendapat nilai terbaik. Seandainya kita minimum mendapat nilai B akan lebih mudah lagi untuk menarik mahasiswa termasuk di PS S3 Ilmu Pangan ini sudah ada empat orang yang eligible untuk membimbing melalui Program Menuju Doktor Sarjana Unggul atau PMDSU yang didanai oleh DIKTI yang syaratnya adalah indeks skopus pembimbing minimum tiga, dan kita sudah ada yang memenuhi syarat tersebut,"kata Prof Teti. 

Dia menambahkan dibanding PS lain S3 Ilmu Pangan memiliki beberapa keunggulan sepertipenelitian dan pengembangan ilmu pangan diarahkan ke penelitian dan pengembangan pangan lokal. 

Pangan lokal berbasis sumberdaya alam yang ada di Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan dari berbagai aspek ilmu pangan meliputi aspek kimia, biokimia, pengolahan dan rekayasa, mikrobiologi dan nutrisi. 

Pengembangan pangan lokal  itulah yang menjadi fokus dari PS S3 Ilmu Pangan FTP sebagai kekhasan yang dirumuskan berdasarkan rekam jejak  penelitian SDM yang ada. 

"Selain itu keungulan PS S3 Ilmu Pangan di FTP adalah juga berdasarkan aspek kurikulum, dimana kurikulum kami bersifat fleksibel dengan muatan mata kuliah pilihan yang lebih banyak dibanding mata kuliah wajib. Hal ini tentunya akan memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengambil MK berdasarkan kebutuhannya untuk penelitian dan pengembangan keilmuannya,” paparnya . (dse/Humas UB)

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID