Prasetya Online

>

Berita UB

Ujian Disertasi Tulus Haryono

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 04 April 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2411

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebagai perusahaan publik yang menyediakan kebutuhan hajat hidup orang banyak, harus menyediakan kualitas layanan jasa listrik Indonesia. Perusahaan ini memiliki dua tujuan yaitu efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Kandidat doktor dari Program Studi Ilmu Ekonomi pada Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Drs. Tulus Haryono MEk, tertarik meneliti perusahaan yang lambat-laun terus merugi ini. Hasilnya berupa disertasi yang berjudul "Analisis Faktor-faktor yang Menentukan Persepsi Kualitas Jasa dan Pengaruhnya terhadap Sikap Pelanggan (Studi pada PT PLN di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah)". Ujian terbuka disertasi ini dipromotori oleh Prof. Dr. Djumilah Zain SE, dengan ko-promotor Armanu Thoyib SE MSc PhD, Dr. Ir. Solimun, MS, dan Dr. Agus Suman DEA, dilaksanakan di Program Pascasarjana Unibraw, Senin 4/4.
Penelitian pria kelahiran Boyolali 49 tahun silam ini bertujuan mengidentifikasi dimensi yang dapat digunakan untuk menentukan persepsi kualitas layanan jasa di sektor publik dan bersifat monopoli, serta untuk mengukur dan mengetahui pengaruh persepsi kualitas layanan jasa terhadap sikap pelanggan kepada pemberi jasa. Populasi penelitian adalah semua pelanggan listrik di APJ Kabupaten Tegal dan Kota Solo dengan unit sampel adalah pelanggan listrik dengan daya di atas 900 VA sedangkan respondennya adalah pembayar rekening listrik di loket-loket tempat pembayaran rekening listrik. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara judgement sampling. Dari penelitiannya ditemukan bahwa persepsi kualitas layanan jasa di sektor publik ditentukan oleh tujuh dimensi, yaitu: keterbukaan, bukti fisik, ketanggapan, keandalan, ketepatan waktu, empati, dan sosialisasi kebijakan.
Dr. Tulus Haryono MEk, adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS). Pendidikan sarjana ayah dari dua orang anak ini ditempuh di Fakultas Ekonomi UNS (1980), dan pendidikan magister di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (1989). Tim penguji ujian disertasi terdiri dari Prof. Dr. M. Syafi'i Idrus MEc, Prof. Dr. Moeljadi SU. Sementara penguji luar yaitu dari UNS Prof. Dr. Soeharno TS SU dan Universitas Negeri Malang Prof. Dr. Salladien. Dalam ujian tersebut, Tulus Haryono dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar doktor dalam ilmu ekonomi dengan minat manajemen, dengan predikat memuaskan (indeks prestasi kumulatif 3,35). [nik]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID