Prasetya Online

>

Berita UB

Ujian Disertasi Khusnul Ashar SE MEc

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 01 Maret 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 2674

Merebaknya program Lembaga Kredit Mikro (LKM) di seluruh dunia sebagai upaya penanggulangan kemiskinan yang semakin populer, ternyata mengandung kerentanan dalam masalah kesinambungannya. Faktor yang menentukan kelangsungan hidup LKM adalah faktor strategi, metode yang diterapkan dan kesetiaan nasabah. Dalam rangka mengidentifikasi pengaruh faktor kehandalan, daya tanggap, dan empati dari jasa kredit serta petugas baik terhadap kesetiaan maupun kedisiplinan nasabah, Khusnul Ashar, SE., MA., menyajikan disertasinya berjudul "Persepsi Nasabah terhadap Kualitas Jasa Lembaga Kredit Mikro (LKM): Faktor-faktor yang Mempengaruhi dan Hubungannya dengan Kesetiaan Nasabah". Ujian disertasi yang berlangsung di gedung Pascasarjana Universitas Brawijaya, Rabu, 2 Maret 2005 ini dipromotori oleh Prof. Dr. H.M. Syafiie Idrus, SE., M.Ec., ko promotor Prof. Dr. Djumilah Zain, SE. dan Prof. Dr. Imam Syakir, SE. Dewan penguji terdiri dari Prof. Dra. S.M. Kiptiyah Iksan, MSc., Dr. Armanu Thoyib, SE, M.Sc., Dr. Agus Suman, SE., DEA dan penguji luar dari Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. M.Zaini Hasan.
Sebanyak 330 orang telah dipilih menjadi responden. Mereka adalah nasabah LKM berbadan hukum berupa Bank Perkreditan Rakyat, Koperasi Simpan Pinjam dan yayasan di wilayah Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Hasil penelitian pria kelahiran Lamongan, 49 tahun silam ini menyebutkan bahwa, terdapat perbedaan yang nyata diantara LKM sampel dalam aspek kehandalan jasa kredit, daya tanggap jasa kredit, empati jasa kredit, kehandalan petugas, daya tanggap petugas, dan kesetiaan anggota. Tetapi tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara LKM sampel dalam hal empati petugas dan kedisiplinan nasabah.
Khusnul Ashar SE MEc, adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Program S1 ditempuh di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (1982), dan program master di School of Social Science Flinder University Australia (1991). Khusnul meraih predikat sangat memuaskan dengan indeks prestasi kumulatif 3,60 untuk minat kekhususan manajemen pemasaran. [nik]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID