Prasetya Online

>

Berita UB

Ujian Akhir Disertasi Sutrisno, dr., SpOG.(K)

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 27 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 743

dari Kiri ke Kanan : Sutrisno, dr., SpOG.(K) dan Dekan FK UB Wisnu Barlianto, MSiMed, SpA(K)
dari Kiri ke Kanan : Sutrisno, dr., SpOG.(K) dan Dekan FK UB Wisnu Barlianto, MSiMed, SpA(K)
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya kembali menggelar ujian akhir disertasi Sutrisno, dr., SpOG.(K) dengan judul "Pengaruh Genistein Terhadap Proliferasi Dan Apoptosis Sel Endimetriosis Melalui Perubahan Rasio Reseptor Estrogen Alfa Dan Reseptor Estrogen Beta dan NFK-β (Studi Pada Mencit Model Endimetriosis), Rabu (27/03/2019) di Ruang Auditorium Gedung A Fakultas Kedokteran.

Tim penguji dalam ujian disertasi ini terdiri dari Dr.dr. Sri Andarini, M.Kes. (Promotor), Dr.dr. I Wayan Arsana Wiyasa, SpOG. (Ko-Promotor 1), Dr.dr Umi Kalsum, M.Kes. (Ko-Promotor 2), Prof.Dr.dr Noorhamdani AS., DMM., SpMK. (K) (Penguji 1), serta dr. Hidayat Sujuti, M.Sc., Ph.D., SpM. (Penguji 2), serta Dr.dr. Hendy Hendarto , SpOG. (K) (Penguji luar).

Penelitian disertasi yang dilakukan oleh Sutrisno ini membahas terkait endometriosis  yang merupakan penyakit tumor jinak, namun memiliki karakteristik menyerupai keganasan yang bersifat invasive, memiliki kecenderungan untuk bermetastasis dan kambuh.

Proliferasi sel dan apoptosis pada endometriosis telah dipelajari oleh berbagai penelitian, namun belum banyak diungkap mengenai mekanismenya secara pasti. Peranan genestein terhadap endometriosis  masih sedikit sehingga penelitian yang dipublikasikan menjadi sangat penting diungkap patofisiologinya.

Pada akhir disertasinya Sutrisno menyampaikan kesimpulan penelitiannya adalah implan jaringan adenomiosis adalah jenis asal jaringan terbaik untuk membuat mencit model endometriosis , genistein mampu menekan proliferasi sel endometriosis  melalui penekanan rasio ekspresi RE-α/RE-β dan NFk-β. Genistein meningkatkan rasio ekspresi BAX/ BCL-2 dengan jalur diluar jalur rasio ekspresi RE-α/RE-β dan NFk-β.

Sri Andarini selaku promotor dalam sambutannya menyampaikan "Semoga dr. Sutrisno menjadi panutan bagi angkatan di bawah juga disertasi ini merupakan salah satu jalan dr. Sutrisno agar dilancarkan sampai nantinya menjadi salah satu guru besar di Universitas Brawijaya," tuturnya.

Di akhir disertasinya Sutrisno mengucapkan terimakasih kepada keluarga, penguji, pembimbing, dan teman sejawat serta orang-orang terdekat lainnya yang telah membanu dalam proses penelitian hingga ujian disertasi ini dilaksanakan.

Melalui disertasi, Sutrisno sukses mendapatkan gelar doktor ilmu kedokteran kekhususan biomedik dengan predikat A sangat memuaskan dan menempuh pendidikan selama 6 tahun 8 bulan. (Vida/Vika/Humas UB)

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID