Prasetya Online

>

Berita UB

Ujian Akhir Disertasi Sri Bakti Yunari, S.H., M.H

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh oky_dian pada 15 Mei 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 549

Sri Bakti Yunari (tengah berjilbab) Bersama Tim Penguji dan Promotor
Sri Bakti Yunari (tengah berjilbab) Bersama Tim Penguji dan Promotor
Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) telah berhasil meluluskan mahasiswa doktor ke 396 beberapa waktu lalu di Ruang Auditorium Lt 6 Gedung Utama Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB).

Disertasi penelitian Sri Bakti Yunari berjudul "Rekonsepsi Kepatutan dan Kewajaran Pada Pengaturan Tentang Pendanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Guna Mewujudkan Welfare Society",

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi kesejahteraan rakyat Indonesia setelah 70 Tahun lebih merdeka, tapi masih dianggap rendah dan belum mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, karena baru 20% (dua puluh persen) warga Indonesia yang bisa hidup layak.

"Tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia menjadi paling rendah dibanding negara-negara Association of South East Asia Nations (ASEAN) lainnya,"kata Sri dalam disertasinya.

Dalam penelitiannya Sri Bakti Yunari menggunakan pendekatan perbandingan dengan negara lainnya seperti Singapore, Hongkong, Belanda, Australia, Taiwan dan India sehingga diperoleh gagasan implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) yang berbasis mandatory terkait ruang-lingkup, program-program, pendanaan, pengawasan dan sanksi sebagai bentuk pengaturan TJSP yang ideal nantinya. Kemudian melalui pendekatan statuta dan konseptual, diperoleh makna "kepatutan dan kewajaran" secara umum, berdasarkan konsep-konsep kepatutan dan kewajaran yang terdapat pada peraturan perundang-undangan, hukum Islam, doktrin-doktrin dan yurisprudensi Belanda.

Kepatutan dan kewajaran menurut Sri harus dimaknai sebagai "semua tindakan yang dapat dirasakan dan dapat diterima nalar dengan baik, wajar, proporsional, adil, diukur dengan norma-norma obyektif yang ada didalam masyarakat dan bukan berasal dari subyektifitas para pihak".

Untuk mendukung gagasan implementasi pengaturan TJSP (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) didalam praktek, Sri Bakti Yunari juga menggagas konsep pemberdayaan masyarakat oleh perusahaan (corporate empowerment doctrine). Sehingga diharapkan program-program TJSP (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) yang dilaksanakan dapat berkelanjutan, tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam rangka mendukung dan mewujudkan welfare society. (Kirana/Dita/Humas UB)

Promotor dari ujian disertasi tersebut adalah Prof. Dr. Suhariningsih, S.H., S.U selaku Promotor, Dr. Rachmat Safa'at, S.H., M.Si selaku Ko-Promotor 1,  dan Dr. Sihabudin, S.H., M.H selaku Ko-Promotor 2.

Tim Penguji terdiri dari Prof. Dr. Sudarsono, S.H., M.S., Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, S.H., M.H., Dr. Imam Koeswahyono, S.H., M.Hum., Dr. Bambang Winarno, S.H., S.U., dan Prof. Dr. Nindyo Pramono, S.H., M.S. selaku penguji tamu dari Universitas Gadjah Mada (UGM). [Kirana/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID