Prasetya Online

>

Berita UB

Uji Keterampilan SBMPTN 2018 di UB

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 09 Mei 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 321

Salah satu peserta Uji Ketrampilan Seni Rupa
Salah satu peserta Uji Ketrampilan Seni Rupa
Setelah mengikuti Ujian Tulis SBMPTN pada hari Selasa (8/5/2018), calon mahasiswa yang memilih program studi Seni Rupa melaksanakan Uji Ketrampilan, Rabu (9/5/2018). Di Universitas Brawijaya (UB), kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Kuliah Bersama Gedung Perpustakaan Pusat. Sebanyak 230  calon mahasiswa mengikuti ujian ini.

Materi Ujian terdiri dari tes menggambar suasana, serta tes wawasan dan pengetahuan atau tes potensi kreatif. Koordinator Tim Penilai Femi Eka Rahmawati, S.Sn., M.Pd menyampaikan, isi soal tes menggambar suasana berbentuk cerita dan disusun untuk mengidentifikasi kemampuan peserta dalam aspek intelektualitas, aspek kreativitas, aspek estetis dan teknis.

"Dari soal yang diberikan, peserta diharapkan dapat memahami, menafsirkan, serta menjawab soal secara visual, menampilkan keunikan, kebaruanb, keragaman ide visual, serta menampilkan kesesuaian antara obyek yang digambarkan dengan kaidah-kaidah umum sebuah gambar, seperti sudut pandang, perspektif, kedalaman ruang, terang gelap, serta perbandingan suatu obyek dengan obyek lainnya," terang dosen Program Studi Seni Rupa ini.

Sementara itu untuk tes wawasan dan pengetahuan (tes potensi kreatif), isi soal berbentuk perintah membuat gambar benda untuk mengidentifikasi kemampuan peserta dalam menafsirkan serta menjawab soal secara unik dan khas, kreativitas, keragaman, dan proporsi.

Peserta Uji Ketrampilan Keolahragaan
Peserta Uji Ketrampilan Keolahragaan
Selain di UB, ujian keterampilan peserta SBMPTN untuk Panitia Lokal 55 Malang juga diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UM). Di UM, Uji Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Animasi, serta Pendidikan Seni Tari dan Musik.

Disampaikan Penanggung Jawab Uji Ketrampilan Keolahragaan Dr. Sapto Adi, tes yang dilakukan di Stadion Cakrawala ini terdiri dari pemeriksaan kesehatan yang meliputi tekanan darah, denyut nadi, dan buta warna, lari 1.600 meter, push up, sit up, lempar tangkap bola untuk koordinasi tangan dan mata, vertical jump, serta kelincahan. Sampai berita ini ditulis, sudah ada 874 peserta hadir dari total 1.217 pendaftar. "Jika ada yang terlambat atau berhalangan akan kami beri kesempatan mengikuti ujian di tanggal 11 Mei, kalau tidak hadir akan dinyatakan gugur," ujar Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Keolahragaan UM ini.

Sedangkan Uji Keterampilan Seni Tari, materi yang diujikan berupa tes tari bentuk, tes kreativitas, imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan. Semantara untuk Uji Keterampilan Musik berupa tes musikalitas, praktik instrument, dan wawancara. [Irene]

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID