Prasetya Online

>

Berita UB

UPKK UB Bantu Mahasiswa Siap Bersaing di Dunia Kerja

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 14 April 2016 | Komentar : 0 | Dilihat : 1979

Pelatihan Persiapan Kerja oleh UPKK UB
Pelatihan Persiapan Kerja oleh UPKK UB
Dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat, Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya (UPKK UB) mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja pada selasa (12/04/2016). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Job Placement Center, UB.

Acara ini mengundang Novitri Diah Lista Wulandari, alumni Jurusan Teknik Elektro UB angkatan 1991 sebagai Head of Adira Finance Corporate. Dalam kegiatan ini, mahasiswa di sadarkan bahwa persaingan saat ini telah memasuki international community, sehingga diperlukan mental dan kemauan yang lebih besar untuk mencapai suatu tujuan.  "Mungkin jika kalian mengamati, kalian bisa mengetahui sudah berapa jumlah Curriculum Vitae yang masuk dalam sebuah perusahaan disetiap harinya, apalagi perusahaan nasional yang namanya sudah tidak awam dikalangan fresh graduate," ujar Novitri.

Para peserta juga diingatkan bahwa akan ada beberapa pekerjaan yang akan bersaing ketat di masa yang akan datang seperti  Insinyur, Arsitektur, Tenaga pariwisata, Akuntan, Dokter gigi, Tenaga survey (bumi), Praktisi medis, dan perawat. Hal ini dilakukan agar generasi Indonesia khususnya mahasiswa mampu menganalisis seberapa banyak kompetitor yang akan mereka hadapi.

"Dunia tidak peduli dengan harga diri kalian, seberapa besar Indeks Prestasi Komulatif (IPK) kalian. Apabila tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, kalian akan tertinggal dan kesusahan. Jika saat ini kalian melakukan sesuatu ada yang bertanggung jawab, kalau kerja kalian sendiri yang akan bertanggung jawab atas perbuatan itu," Katanya.

Usai kegiatan, mahasiswa yang menghadiri acara tersebut mengaku senang mendapat wawasan baru, dikarenakan ilmu yang mereka dapatkan saat ini jarang ditemukan dalam dunia perkuliahan, seperti informasi bahwa pada tahun 2020 kemampuan yang sangat dibutuhkan yaitu pemecahan masalah, berfikir kritis dan kreatifitas. [reza/Vicky/Humas UB]

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID