Prasetya Online

>

Berita UB

UPKK Gelar Pelatihan Persiapan Menghadapi Dunia Kerja

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 18 Mei 2015 | Komentar : 0 | Dilihat : 3121

Kabag Agronomi PT. Great Giant Pineaple, Ir. Prioyo Cahyono, MMP yang juga alumnus Fakultas Pertanian UB memberikan pemaparan kepada peserta
Kabag Agronomi PT. Great Giant Pineaple, Ir. Prioyo Cahyono, MMP yang juga alumnus Fakultas Pertanian UB memberikan pemaparan kepada peserta
Sekitar 300 peserta yang terdiri dari mahasiswa semester akhir dan alumni Universitas Brawijaya (UB) mengikuti Pelatihan Persiapan Menghadapai Dunia Kerja. Acara ini dihelat oleh Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK) UB pada Selasa (12/5/2015) di Gedung Widyaloka.

Kegiatan yang menghadirkan pembicara Kepala Bagian Agronomi PT. Great Giant Pineaple, Ir. Priyo Cahyono, MP serta Ketua Ikatan Alumni Lampung Ir. H. M. Afif Manaf ini dibuka secara langsung oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS.

Menurut ketua UPKK Dr. Drs. Edy Yulianto, MP, dunia kerja dan profesi terus mengalami perkembangan dan perubahan. Tantangan di dunia kerja saat ini begitu berat bukan saja perbandingan antara lapangan pekerjaan dengan jumlah pencari kerja yang tidak seimbang, tetapi juga pergeseran orientasi perusahaan.

Saat ini, menurutnya perusahaan tidak hanya diminta mampu memenuhi tuntutan pasar tapi juga diharapkan dapat mempengaruhi pasar. Lebih jauh, perusahaan juga dituntut melakukan inovasi, menggunakan teknologi dalam proses produksinya serta lebih banyak menerima tenaga kerja multitasking.

"Oleh karena itu harapan saya, peserta harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, yang diikuti dengan penambahan kompetensi sehingga menjadi sumber daya yang berkualitas yang diperlukan oleh perusahaan atau pemakai tenaga kerja," ujarnya.

"Dengan pelatihan ini kami ingin memberikan bekal pada alumni dan mahasiswa agar ketika masuk dunia kerja mereka sudah siap dan tahu persis apa yang akan dilakukan. Dan hal itu merupakan tugas kami (UPKK) untuk menghantar alumni untuk mendapat pekerjaan," pungkas Edy.

Rektor Bisri sendiri meyambut baik diadakannya kegiatan pelatihan ini dan berharap bisa berlangsung terus menerus dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi. Pasalnya, tiap tahun jumlah mahasiswa UB yang lulus cukup banyak.

"Tugas perguruan tinggi tidak hanya sebagai "Pabrik SDM" atau menghasilkan lulusan saja tetapi juga mengantar atau mengawal lulusannya hingga masuk dunia kerja. Oleh karena itu sudah pas, tugas UPKK tidak hanya mengadakan perekrutan pegawai tetapi juga pengembangan karir dan juga jiwa kewirausahaan atau entrepreneur," ujar Bisri.

Bisri juga menyampaikan perlu adanya mediator yang memfasilitasi hubungan antara pencari kerja dengan pemakai tenaga kerja, terutama dengan pemerintah agar para lulusan bisa bekerja di bidang atau sektor-sektor yang kosong. [ronny/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID