Prasetya Online

>

Berita UB

UB dan Tim PASCH Goethe Institute Ajarkan Fun Sciences

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 16 Januari 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 968

Peserta Schuelercamp 2018 berfoto bersama
Peserta Schuelercamp 2018 berfoto bersama
Universitas Brawijaya (UB) memberikan workshop "MINT FÜRS LEBEN" kepada 250 siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dari berbagai negara, Selasa (16/01/2018). Acara yang digelar di Gedung MIPA Center ini merupakan rangkaian kegiatan Program Schülercamp 2018 yang diselenggarakan oleh PASCH (Schule der Zukunft/Schools: Partners for the Future) Goethe Institut. Selain dari Indonesia, peserta juga adalah siswa-siswi dari Malaysia, Philippines, China, Myanmar, Vietnam, India, Australia, dan New Zealand.

Workshop dibagi ke dalam beberapa kelas, yaitu Joyful Maths (dua kelas), Fun Science in Biology (dua kelas), Fun Science in Physics (4 kelas), dan Informatics. Kegiatan workshop dipimpin oleh pakar dari UB dan Goethe Institute. Dari UB hadir Prof. Dr. Fatchiyah, M.Kes., Ph.D, Sukir Maryanto, S.Si., M.Si., Ph.D, Mangku Purnomo, SP., MP., Ph.D, Dr. Isnani Darti S.Si., M.Si, dan Rahma Fitriani, S.Si., M.Sc., Ph.D. Sementara itu dari Goethe Institute hadir Harry Kristianto dan Michael Breams.

Koordinator PASCH untuk Indonesia Ekadewi Indrawidjaja mengatakan, dari tema kegiatan "MINT FÜRS LEBEN" yang berarti Mathematics, Informatics, Natural Science and Technology untuk kehidupan, ia ingin menunjukkan kepada para siswa bahwa science bukanlah sesuatu yang kaku dan mengerikan.

"Kami ingin agar siswa-siswi melalui workshop ini dapat mengenal bidang-bidang science yang sebenarnya mereka temui dalam kehidupan sehari-hari," ujar Ekadewi.

Ia melanjutkan, program ini dikhususkan untuk siswa sekolah menengah atas karena sesuai dengan visinya yaitu terciptanya jejaring sosial antar remaja di berbagai negara untuk tumbuh bersama. "Dan kami lihat para alumni cukup mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin di negara masing-masing," ucapnya.

Hal tersebut disetujui oleh Staf Ahli Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Mangku Purnomo, SP., MP., Ph.D. Ia menyampaikan UB sangat mengapresiasi program ini.  "Seperti motto UB 'Building Up Noble Future', kita harus berkontribusi dalam membangun masa depan yang baik, salah satunya dengan berkontribusi aktif dalam kegiatan internasional seperti ini, agar dapat berinteraksi dan bertukar pikiran sehingga akan memperkaya UB," pungkas Ketua Departemen Agribisnis Fakultas Pertanian ini. [Irene/Humas UB]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID