Prasetya Online

>

Berita UB

UB Wisuda 1135 Mahasiswa

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 26 November 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 245

Universitas Brawijaya (UB) sebagai bagian dari instrumen negara di bidang pendidikan, memiliki tanggung jawab besar untuk ikut andil dalam memecahkan beberapa persoalan bangsa. UB harus mampu menumbuhkan kesadaran bagi sivitas akademika tentang pentingnya pendidikan yang memperkuat kompetensi dan mampu menumbuhkan sikap kecintaan dan kebanggaan menjadi bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., M.S dalam acara Wisuda Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana UB Periode V, Sabtu (24/11/2018). Ia menuturkan, kompetensi merupakan kemampuan seseorang dalam melaksanakan kerja secara terukur, yang mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya.

"Karena menyangkut tanggung jawab individu, maka di dalam kompetensi termasuk pula jiwa dan semangat Kemandirian serta Kewirausahaan," katanya kepada 1.135 lulusan baru di Gedung Samantha Krida UB.

Rektor pun mengucapkan selamat kepada para mahasiswa UB yang telah berhasil mengharumkan nama kampus ditingkat nasional maupun internasional. Mereka di antaranya tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer yaitu M. Afan Setyadi, Dara Adhelia Rusanty dan Dwi Aji Sentosa, serta satu mahasiswa FIA yaitu Annisa Jasmine Sjachputri yang berhasil meraih penghargaan silver medal dalam ajang internasional 2nd Asia International Conference of Art & Design (AICAD) 2018 yang diselenggarakan di Langkawi, Malaysia pada tanggal 3-6 Oktober 2018, karena menciptakan sebuah platform beramal online yang diberi nama Amalin.id.

Selain itu, tiga mahasiswa UB, Regita Nurina Salsabila (FIA), Sherina Friskila (FIB), dan Yusup Putera (FILKOM) berhasil meraih Gold Award dalam ajang International Invention & Innovation Competition yang diadakan di Malaysia pada tanggal 20 Oktober 2018 melalui ide dalam berinovasi tentang sampah. Juga Paduan Suara "FLOICE" dari FTP-UB yang berhasil menjuarai lomba Paduan Suara bertajuk "Busan Choral Festival & Competition 2018″ yang berlangsung di Busan -  Korea Selatan pada tanggal 17-20 Oktober 2018.

Berikut adalah nama-nama wisudawan terbaik dengan IPK tertinggi dan lama studi tercepat: Lelyta Septi Pratiwi, SS (FIB), Kalila Desi Jujane, SH (FH), Muhammad Muhyiddin Robbani, SE (FEB), Bella Citra Dewi, S.IP (FIA), Dona Puspita Biantari, S.IP (FIA), Afifatul Khoirunnisak, S.P (FP), Ulfiyatut Tahiyah, S.Pt (Fapet), Abdan Izzan Ghafara, ST (FT), Fadilah Asril, S. Farm (FK), Ulfa Rohmatul Khasanah, S.Pi (FPIK), Ayu Mastura, S.Si (FMIPA), Stefani Devina Arie Putri, ST (FT), Martasari Beti Pangestuti, ST (FT), Eka Oggy Supriadi, S.IP (FISIP), Dhia Indah Fitri, drh (FKH), Anna Permadani, S.KG (FKG), Ferdi Cezano Santosa, S.Kom (FILKOM), Lisa Setiawati, MMRS (Magister FK), Dr. Novalien Carolina Lewaherilla (Doktor Ilmu Manajemen), dan Reigina Adelia Wandani, A.Md (D3 Usaha Perjalanan Wisata).

Wisuda Peduli Bencana

Dalam kesempatan ini, salah satu wisudawan Magister Ilmu Komunikasi FISIP UB Verdy Firmantoro, S.I.Kom., M.I.Kom menginisiasi gerakkan Wisuda Peduli Bencana. Verdy menuturkan, gerakan yang bertajuk "Dari Wisudawan UB untuk Pendidikan Indonesia yang Lebih Baik" ini merupakan ekspresi empati atau wujud kepedulian lulusan UB terhadap bencana yang terjadi di sejumlah titik di Indonesia.

"Gagasan ini berangkat dari kesadaran sebagai lulusan Ilmu Sosial dan Politik yang mendorong bahwa lulus tidak sekedar mencapai kesalehan personal dengan menyelesaikan studi, tapi meraih kesalehan sosial dengan berbagi," kata wisudawan peraih cumlaude ini.

Selanjutnya hasil donasi ini akan disalurkan ke Yayasan Pendidikan Al Azar Dusun Kayangan Desa Sandik Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. [Irene] 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID