Prasetya Online

>

Berita UB

UB Terima 1.919 Mahasiswa Baru Pascasarjana

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh ireneparamita pada 28 Agustus 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 633

Maba Pascasarjana UB semangat mengikuti Orientasi Pendidikan
Maba Pascasarjana UB semangat mengikuti Orientasi Pendidikan
Universitas Brawijaya (UB) menerima 1.919 Mahasiswa Baru Pascasarjana untuk Tahun Akademik 2017/2018, Senin (28/8/2017). Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.539 orang merupakan maba Program Magister dan 380 maba Program Doktor. Penyambutan maba Pascasarjana ini dipusatkan di Gedung Samantha Krida, dilanjutkan dengan Orientasi Pendidikan dan Kemahasiswaan (ORDIK).

Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, dalam sambutannya menyampaikan, peran mahasiswa Pascasarjana diharapkan dapat meningkatkan reputasi UB di tingkat internasional dan daya saing bangsa. Karena hal tersebut sesuai dengan visi UB yaitu menjadi universitas unggul yang berstandar internasional.

"Dengan adanya kenaikan jumlah tesis, disertasi, karya ilmiah, riset terpublikasi, maupun jurnal ilmiah bereputasi, serta keikutsertaan dalam konferensi internasional, tentunya akan andil dalam peningkatan daya saing bangsa," kata Rektor.

Untuk menunjang penulisan jurnal yang baik, Rektor berkomitmen meningkatkan fasilitas laboratorium, "Hal ini sangat fundamental karena tidak mungkin dapat menghasilkan jurnal yang baik jika lab tidak berkualitas. Maka dari itu gunakan lab sebaik-baiknya sebagai dasar untuk menyusun jurnal yang baik serta menunjang UB menjadi kampus yang bermutu dan bereputasi" paparnya.

Jumlah mahasiswa baru pascasarjana UB pada Tahun Akademik 2017-2018 ini meningkat 2,46 persen dari tahun sebelumnya. Direktur Pascasarjana UN Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si menyampaikan, hal ini tidak lepas dari peran para Kepala Program Studi Magister dan Doktor yang kerap  melakukan promosi program studi ke berbagai daerah.

Adapun fakultas dengan jumlah kenaikan maba terbanyak yaitu Fakultas MIPA (naik 40,91 persen), Fakultas Pertanian (naik 32,77 persen), dan Fakultas Teknologi Pertanian (naik 32,77 persen). Sementara itu beberapa fakultas mengalami penurunan jumlah maba pascasarjana, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Teknik.

Dalam kegiatan ini disampaikan beberapa materi untuk para mahasiswa baru Pascasarjana, yaitu, Peraturan Akademik UB dan Penjelasan KKNI Standar 8 dan 9 oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Kusmartono, Mekanisme Proses Beasiswa Pascasarjana di UB (Prof. Abdul Hakim), Ketahanan dan Publikasi Jurnal Ilmiah (Prof. Ir. Wani Hadi Utomo, Ph.D), dan Sistem Teknologi dan Informasi untuk Meraih UB Bermutu dan Bereputasi (Achmad Basuki, ST., M.Mg, Ph.D). [Irene]Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS memakaikan jas almamater kepada mahasiswa baru Pascasarjana UB
Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS memakaikan jas almamater kepada mahasiswa baru Pascasarjana UB

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID