Prasetya Online

>

Berita UB

UB Raih Penghargaan Kemenkes RI

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 30 April 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 1015

Penghargaan Kemnkes RI Atas Misi Kemanusiaan UB
Penghargaan Kemnkes RI Atas Misi Kemanusiaan UB
Universitas Brawijaya (UB) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) atas misi kemanusiaan untuk membantu pemulihan gempa bumi lombok.

Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan dari Kemnkes RI dr. Ahmad Yurianto, Sabtu (13/4/2019) di Bali.

Dalam upaya membantu pemulihan gempa bumi lombok, tim UB yang terdiri dari dosen, mahasiswa, Lembaga Kesehatan Mahasiswa (Lakesma), alumni, dan Pusat Studi Kebumian dan Kebencanaan (PSKK) melakukan fokus pelayanan pada manajemen klaster kesehatan, manajemen pelayanan gawat darurat di RSUD Tanjung Kabupaten Lombok Utara, asesmen kekuatan bangunan serta dukungan psikologis bagi para pengungsi. 

Pada pemulihan pasca gempa di lombok alumni UB turut membantu membangun tujuh titik sumur untuk penyediaan sarana air bersih. Selain itu dosen-dosen dari teknik sipil juga melakukan asesmen terhadap bangunan-bangunan yang sudah tidak layak huni.

Serah terima penghargaan dari kemenkes RI yang diwakilkan oleh tim kesehatan PSKK UB dr. Ali Haedar, Sp.EM, FAHA, dan Alfrina Hany, S.Kp, M.Ng (AC)
Serah terima penghargaan dari kemenkes RI yang diwakilkan oleh tim kesehatan PSKK UB dr. Ali Haedar, Sp.EM, FAHA, dan Alfrina Hany, S.Kp, M.Ng (AC)
Asesmen terhadap bangunan, salah satu contohnya dilakukan pada RSUD Tanjung di Kabupaten Lombok Utara. Para dosen teknik sipil UB tersebut menaksir bahwa bangunan RSUD Tanjung di Kabupaten Lombok Utara sudah tidak layak huni dan tidak bisa didirikan sebuah bangunan diatas tanah yang lempengannya telah mengalami patahan.

Dosen psikologi dan Relawan dari Eksekutif Mahasiswa (EM) UB melakukan dukungan psikologis seperti menghibur anak-anak korban bencana lombok. Sedangkan Lakesma UB lewat jejaring mereka di Unram dan Universitas Islam Al Azhar (Unizar) mengawal bantuan logistik yang kita salurkan mulai dari bandara Aburahman Saleh Malang hingga di Bandara Selaparan Mataram.

Sementara itu, tim PSKK terjun kelapangan dengan memberlakukan konsep CARE & SAFE, yaitu coordination, prepARE equipment & tools, build the System, dan Arrange the Facilities terkait fasilitas yang diperlukan, seperti tenaga kesehatan yang bertugas, sumber daya kesehatan yang cukup untuk melayani, dan perencanaan  sistem pelayanan dan logistik yang baik.[Oky Dian&Cannela/Humas UB]

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID