Prasetya Online

>

Berita UB

UB Raih Juara I Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik 2017

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 21 Desember 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 852

Ketua PIDK dan Wakil Rektor I UB saat Menerima Penghargaan KIP
Ketua PIDK dan Wakil Rektor I UB saat Menerima Penghargaan KIP
Universitas Brawijaya kembali menahbiskan diri sebagai yang terbaik di tingkat nasional. Kali ini, UB meraih Peringkat I dalam gelaran Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2017 untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP). Sedangkan penganugerahan gelar diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12/2017).

Dalam proses pemeringkatan tersebut, KIP melakukan seleksi kelayakan terhadap PTN yang ada di negeri ini. Dari keseluruhan PTN, hanya 10 PTN yang lolos untuk dilakukan penilaian lanjutan sekaligus visitasi lapangan. Kesepuluh PTN tersebut lalu dilakukan pemeringkatan untuk menentukan kampus mana yang terbaik dalam hal pengelolaan informasi publik.

Sebagai informasi, kemenangan UB ini mengulang prestasi pada 2015 lalu. Sebelumnya, UB sempat mengalami penurunan ke Peringkat II pada 2016. Namun pada 2017 ini, UB berhasil bangkit dan mengungguli kampus-kampus besar di tanah air, seperti Universitas Indonesia (Peringkat II), Institut Pertanian Bogor (Peringkat III), dan Universitas Negeri Malang (Peringkat IV). 

Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Kusmartono yang hadir di Istana Wapres mewakili Rektor menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. Menurut Warek, prestasi ini menunjukkan komitmen UB dalam rangka melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam hal pelayanan dan pengelolaan informasi publik. "Kami tentu sangat bersyukur atas raihan ini. Meski kami sempat turun peringkat tahun lalu, tahun ini kami membuktikan bahwa UB tetap berkomitmen kuat dalam hal pelayanan publik, terutama di bidang informasi publik," ujar Kusmartono. 

Sementara itu, Ketua Pusat Informasi, Dokumentasi, dan Keluhan (PIDK) UB, Dr Tjahjanulin Domai MS yang mendampingi Warek dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa prestasi ini cukup di luar dugaan. Menurut Tjahjanulin, dalam setahun belakangan ini kampus-kampus pesaing UB menunjukkan perkembangan yang amat pesat, seperti UI dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Namun ternyata UB tetap mampu mengungguli kampus-kampus itu. "Ini bukan semata kerja keras PIDK UB, tetapi juga berkat dukungan yang besar dari Rektor dan jajarannya, serta berbagai pihak yang tak dapat kami sebutkan satu persatu," ujar pria yang setiap tahun mengawal persiapan pemeringkatan ini di UB sejak 2010.[aulia/vicky/Humas UB]

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID