Prasetya Online

>

Berita UB

UB Peringkat 1 Jawa Timur Versi 4ICU

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 03 Februari 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 3993

10 Besar Website Universitas versi 4ICU
10 Besar Website Universitas versi 4ICU
Mengawali tahun 2017, 4ICU University Web Ranking merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Dalam daftar ini, Universitas Brawijaya berada di peringkat 1 se-Jawa Timur. Bersamaan dengan 4ICU, situs pemeringkatan universitas lainnya, Webometrics juga menyatakan UB berada di peringkat 5 se-Indonesia

Ketua Unit Pemeringkatan Internasional UB, Adharul Muttaqin, ST., MT menjelaskan 4ICU merupakan situs pemeringkatan perguruan tinggi internasional.

"4ICU memfokuskan pada aktifitas situs sebuah universitas. Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan beberapa situs pengindeks-situs seperti Alexa atau Majestic. Semua pengindeks ini tidak ada hubungannya dengan kegiatan akademik," jelasnya.

Indikator penilaian, menurut Adharul meliputi beberapa komponen.

"4ICU menilai beberapa hal, antara lain keterkenalan serta lalu lintas website, karena 4ICU menilai aktivitas situs," jelasnya. Sama halnya dengan 4ICU, Webometrics juga melakukan penilaian pada situs akademik. "Yang membedakan pada Webometrics adalah adanya penilaian terhadap presenceimpactopenness dan excellence rank serta memiliki indikator tentang publikasi, dan UB berada pada posisi ke-2 untuk presence rank dibawah Universitas Gadjah Mada," jelasnya.

Ada beberapa hal, menurut Adharul yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan peringkat situs UB. "Ketersediaan informasi yang cukup banyak, ketersediaan tautan, blog dosen dan staf serta tautan di berbagai situs resmi," jelasnya. Laman yang paling banyak dikunjungi, menurut Adharul, adalah www.ub.ac.idwww.selma.ub.ac.id, dan Lecture Blog. [vicky/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID