Prasetya Online

>

Berita UB

UB-BRG Adakan FGD Restorasi Gambut

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh vicky.nurw pada 19 September 2017 | Komentar : 0 | Dilihat : 319

FGD Restorasi Lahan Gambut di Fakultas Pertanian
FGD Restorasi Lahan Gambut di Fakultas Pertanian
Indonesia memiliki lahan gambut terluas di dunia. Diperkirakan ada sekitar 15 hingga 20 juta hektar lahan gambut tersebar di beberapa propinsi di Indonesia. Luasnya lahan gambut ini berakibat pada sulitnya menghindari pengembangan lahan pertanian ke lahan marginal ini serta banyaknya kasus kabut asap, kebakaran hutan serta berbagai masalah lainnya.

Sebagai upaya melakukan restorasi, Badan Restorasi Gambut bekerja sama dengan Universitas Brawijaya menyelenggarakan Focus Group Discussion. Bertajuk Membangun Model Percepatan Restorasi Gambut pada Kesatuan Hidrologis Gambut, kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (19/09/2017) bertempat di Auditorium Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Kegiatan ini diikuti oleh dosen berbagai fakultas di lingkungan UB serta perwakilan dari Badan Restorasi Gambut. Hadir sebagai pembicara antara lain Prof. Dr. Azwar Maas selaku Ketua Kelompok BRG, Prof. Dr. Ashalluddin Jalil selaku Anggota Kelompok Ahli BRG dan beberapa pakar lain.

Memberikan pengantar, Deputi Penelitian dan Pengembangan BRG, Dr. Haris Gunawan berharap adanya pilot project terkait BRG di UB. “Ada banyak kasus pembakaran lahan gambut dan hutan di daerah sejak 20 tahun yang lalu, masuk pada kategori kriminal. BRG sudah memiliki punya 12 lembaga dan perguruan tinggi yang bekerjasama. Dengan jejaring yang kuat, UB bisa memberikan solusi tentang lahan gambut”, jelasnya.

 

 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID