Prasetya Online

>

Berita UB

UB Akan Kukuhkan Guru Besar Fakultas Hukum Bidang Agraria

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh humas3 pada 04 September 2012 | Komentar : 0 | Dilihat : 5403

Dr. Suhariningsih, SH., SU
Dr. Suhariningsih, SH., SU
Universitas Brawijaya akan mengukuhkan Guru Besar pada Rabu (5/8) esok. Guru besar yang akan dikukuhkan adalah Dr. Suhariningsih, SH., SU, Guru Besar dari Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya. Suhariningsih merupakan dosen Program Sarjana, Pasca Sarjana, Fakultas Hukum serta Ketua Pusat Pengembangan Hukum Agraria, Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya. Pengukuhan ini akan dilaksanakan di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya.

Dalam pengukuhan yang diselenggarakan esok hari, wanita yang akrab disapa Rini ini akan membawakan pidato dengan judul Reforma Agraria Menuju Indonesia Baru dalam Mengatur Kebijakan di Bidang Pertanahan yang Menyejahterakan Rakyat dan Berkeadilan.

Menurut Rini, ada tiga hal yang disoroti dalam pidatonya, pertama, sejak era reformasi, diharapkan kehidupan rakyat Indonesia semakin sejahtera. Kedua, kebijakan pertanahan yang ditetapkan pemerintah guna kesejahteraan rakyat, dalam kurun 13 tahun belum sepenuhnya terwujud. Padahal menurut TAP MPR IX/MPR/2001, DPR RI bersama Presiden harus mempebaharui bidang agrarian. Ketiga, ia menyoroti semakin meningkatnya jumlah tanah yang ditelantarkan setiap tahunnya.

Beberapa rekomendasi yang diberikan oleh Rini adalah adanya upaya pemurnian terhadap pelaksanaan kebijakan di bidang pertanahan, khususnya HGU (perkebunan) melalui pendekatan sistem hukum dengan evaluasi yang berkesinambungan, perlunya menumbuhkan "Political Will" dari pemerintah, baik pusat dan daerah, menciptakan manajemen pengawasan program pembangunan di bidang pertanahan, menciptakan manajemen pelaksanaan program agar tujuan tercapai tepat waktu, mengikutsertakan masyarakat setempat dalam sosialisasi program serta melakukan penertiban tanah terlantar untuk mendorong tercapainya kepastian dan perlindungan hukum terhadap setiap pemegang hak atas tanah. [vicky]

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID