Prasetya Online

>

Berita UB

UB Adakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Pelaksanaan UTBK

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 13 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 594

Sosialisasi UTBK Kepada Pengawas/PJR
Sosialisasi UTBK Kepada Pengawas/PJR
Biro Akademik dan Kemahasiswaan bekerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPPTIK) UB mengadakan kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknik Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK), Senin (11/3/2019).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 591 PJR/pengawas UTBK tersebut, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pada pukul 09.30 sampai 11.00. Sesi kedua mulai pukul 13.30 sampai dengan 15.00.

Koordinator Pengawas UTBK SBMPTN Hery Prawoto mengatakan ada persyaratan yang harus diikuti sebagai PJR/Pengawas, antaralain dosen/tenaga kependidikan dari PTN Pusat UTBK dan atau dosen/guru dari mitra pusat UTBK, belum pernah menerima sanksi akademik atau administratif, tidak terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan lembaga bimbingan belajar atau kegiatan apapun  yang mirip dengan kegiatan lembaga bimbingan belajar, dan bersedia mengisi surat pernyataan sebagai PJR atau pengawas dana kegiatan pengawasan UTBK.

Dalam pemaparannya, dia juga menjelaskan tentang teknis pelaksanaan sebagai PJR/Pengawas. Menurutnya, seorang PJR/pengawas harus memperhatikan kolom kode peserta, susunan dan penomeran meja, membacakan berita acara pelaksanaan ujian, dan mengetahui kewajiban dan larangan peserta UTBK.

Untuk melancarkan pelaksanaan UTBK maka setiap PJR/Pengawas diwajibkan mengikuti pelatihan pada Selasa (19/3/2019) pukul 09.30 -11.00 (sesi I)  dan 13.30 -15.00 (sesi dua)  di ruang laboratorium komputer1 dan2 Gedung TIK Lt 4 (Rektorat Lama Lt 4).

Hery juga menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melaksanakan tugas sebagai pengawas, antaralain kemungkinan kerjasama antar peserta dengan menggunakan kode-kode tertentu, peralatan yang mungkin digunakan untuk melakukan kecurangan, seperti kamera, alat rekam, dan alat komunikasi, serta pengawas tidak boleh menggunakan HP di dalam ruang ujian. [Oky Dian/Humas UB]

 

 

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID