Prasetya Online

>

Berita UB

UB Adakan Simulasi UTBK Bagi Pengawas dan PJR

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 21 Maret 2019 | Komentar : 0 | Dilihat : 839

Simulasi UTBK Bagi Pengawas dan PJR
Simulasi UTBK Bagi Pengawas dan PJR
Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) bekerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPTIIK) UB mengadakan simulasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Ruang Lab Komputer lantai 4Gedung Rektorat lama, pada (19/3-21/3/2019).

Dalam simulasi tersebut, bagian TIK UB memberikan penjelasan teknis terkait pelaksanaan UTBK dan penggunaan komputer bagi pengawas ujian, seperti menginput data kehadiran peserta, memberikan informasi terkait penomeran meja, dan pemberian token.

Tidak hanya itu, para peserta juga melakukan simulasi mengerjakan UTBK. Dalam simulasi UTBK tersebut setiap kelompok ujian Saintek dan Soshum masing-masing akan mengerjakan empat subtes. Sedangkan alokasi waktu pengerjaan tiap sub tes adalah 20 menit.

Peserta ujian bisa melompat dalam mengerjakan soal namun masih dalam satu subtes dan tidak bisa mengerjakan subtes sebelumnya.

UTBK tahun 2019 diselenggarakan oleh LTMPT. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi terstandar di Indonesia.Tujuan diadakannya UTBK ini yakni untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu serta memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Dalam hal ini peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal dua kali dengan ketentuan UTBK  kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali, atau kelompok Saintek dua kali atau kelompok soshum dua kali.Jadwal pendaftaran  UTBK  pada 1 Maret 2019 - 1 April 2019, pelaksanaan UTBK pada 13 April - 26 Mei 2019.

Gelombang pertama UTBK dilaksanakan pada  1 - 24 Maret 2019 dan waktu pelaksanaan UTBK gelombang kedua pada tanggal 11 Mei  26 Mei 2019.Persyaratan UTBK yakni siswa SMA/MA/SMK kelas 12 lulusan tahun 2017,2018, dan 2019 yang telah membayar biaya UTBK sejumlah Rp.200.000 melalui Bank Mandiri, BNI,atau BTN.UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TPA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian Matematika Saintek,Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sedangkan kelompok ujian Sosial Humaniora (Soshum) dengan materi ujian Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Dalam pelaksanaan UTBK dalam satu hari akan dibagi menjadi 2 sesi yakni pagi pada pukul 08.00 - 11.45 dan pada sesi siang pada pukul 13.00 - 16.45. Informasi resmi LTMPT dapat diakses melalui laman : http://www.ltmpt.ac.id 

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID