Prasetya Online

>

Berita UB

UB Adakan Kontes Bonsai Peringati Dies Natalis Ke 56

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF
Dikirim oleh oky_dian pada 07 Desember 2018 | Komentar : 0 | Dilihat : 166

Salah Satu Bonsai yang Dikonteskan
Salah Satu Bonsai yang Dikonteskan
Ratusan pohon bonsai mengikuti kompetisi nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya (UB) bekerjasama dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Malang, di Lapangan Rektorat UB selama enam hari (29/11 - 5/12/2018).

Dr. Rachmad Safa'at, S.H., M.Si. selaku Wakil Ketua Panitia melaporkan pameran ini merupakan salah satu rangkaian Dies Natalies UB ke - 56. Selain itu juga untuk memperingati hari jadi PPBI Cabang Kota Malang yang memiliki tujuan turut serta menyukseskan program pemerintah dalam rangka mensosialisasikan seni bonsai di Kota malang.

Ia menambahkan terdapat 337 bonsai yang dipamerkan dan terbagi ke dalam beberapa kategori diantaranya kategori madya sebanyak 36 bonsai, kategori regional 166 bonsai, dan kategori prospek 135 bonsai, dari berbagai daerah yaitu Jawa Barat, Kalimantan, Serang, Samarinda, Banjarbaru, dan Madura.

"Bonsai ini juga harus melalui tahap penilaian yang ketat, dengan kriteria yang sudah ditentukan, dan bonsai yang terpilih adalah bonsai yang terbaik, yang nantinya dipamerkan," ujar Rahmat Safaat.

Ia berharap kegiatan pameran bonsai tersebut dapat menjadi inspirasi yang dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan dan tanaman sesuai program UB yang menjadi icon green campus di indonesia.

Perwakilan PBBI Cabang Malang Teguh Satria menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada UB karena telah mempercayakan kepada PBBI dalam menggelar pameran bonsai tersebut.

"Bagi kami, PBBI cabang Kota Malang yang digandeng oleh UB dalam menggelar pameran bonsai kali ini telah mencatatkan sejarah, karena kami sudah lama sekali tidak menggelar pameran bonsai, terakhir tahun 2002. Dan kini UB mempercayakan kepada kami mengadakan pameran bonsai tingkat nasional, dengan target 250 peserta ternyata yang mengikuti 337, luar biasa, semoga menjadi semangat baru dalam berkreasi," katanya.

Sedangkan Rektor UB, Prof. Dr. Nuhfil Hanani, AR, MS mengaku senang dan menyambut baik kegiatan pameran bonsai tersebut. Rektor Nuhfil menganggap pameran ini termasuk salah satu industri kreatif. Dia berharap UB bisa menjadi penyelenggara pameran bonsai tingkat dunia.

"Terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pameran ini karena mempunyai arti yang amat penting sebagai ajang promosi lingkungan peningkatan kreatifitas di bidang seni bonsai, ini termasuk ajang industri kreatif. Kemarin Bekraf datang ke UB dan mengatakan bahwa Malang ini gudangnya orang kreatif di Indonesia, termasuk hari ini kita bisa melihat juga bahwa Malang menggelar pameran bonsai yang juga termasuk industri kreatif. Semoga kedepanya kontesnya tidak hanya nasional tapi dunia. Jadi kita bisa lihat Bonsai dari Jepang bagaimana," katanya.

Pameran bonsai tersebut resmi dibuka oleh Rektor UB dan pameran ini berlangsung hingga Rabu (5/12/2018). [Dinda/Humas UB]

 

 

Artikel terkait

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID