Prasetya Online

>

Berita UB

Tulisan Prof Soekartawi Dimuat di Jurnal Internasional

Versi Cetak Versi PDF Versi RTF Versi Word
Dikirim oleh prasetya1 pada 06 September 2005 | Komentar : 0 | Dilihat : 1626

Sejalan dengan visi Universitas Brawijaya “mampu bersaing melewati batas wilayah nasional”, karya tulis Prof. Dr. Soekartawi telah dimuat dalam jurnal internasional Malaysian Journal of Educational Technology (My JET). Karya tulis berjudul 'Experiencias in Establishing Network for Promoting Distance Learning In and Outside Indonesia' dimuat di My.JET Vol. 4 no.1, pp: 7-19, 2004, namun jurnal tersebut baru diterima Soekartawi pada bulan Agustus 2005.
Soekartawi, guru besar Fakultas Pertanian Universitas Bra-wijaya, di samping keahliannya di bidang ekonomi pertanian dan agribisnis juga mendalami masalah-masalah pandidikan terutama setelah 9 (sembilan) tahun ditugaskan di SEAMEO (Souteast Asia Ministers of Education Organization). Dalam tulisannya, Soekartawi menjelaskan pentingnya jaringan kerja sama (network) bagi pengembangan pendidikan dan bagaimana pula membangun network yang kuat efisien dan murah. Tulisan tersebut didasarkan pada pengalamannya sebagai Direktur SEAMEO Open Learning Center (SEAMOLEC), suatu organi-sasi menteri-menteri pendidikan ASEAN yang bergerak di bidang pendidikan dan pembelajaran jarak jauh.
Soekartawi berpendapat bahwa lembaga pendidikan tidak akan bisa maju dengan optimal tanpa ada kegiatan network yang kuat. Selanjutnya dijelaskan, dengan bantuan teknologi informasi khsususnya ICT yang berkembang pesat di era global sekarang ini, maka network akan berperan positif dan akan berhasil kalau: ada kesamaan kepentingan (common interest and mutual goals), berbagi pangalaman dan pemanfaatan sumberdaya (sharing of resources and expertises), berbagi pengalaman bagaimana memecahkan suatu masalah pendidikan (sharing of problem solving), network akan berhasil kalau masing-masing pihak saling diuntungkan (reciprocal relationships), ada semangat kerjasama yang tinggi (strong partnerships), dan network dikelola sacara profesional melalui sistem yang mapan (system approach of management).
Jurnal My JET diterbitkan oleh Malaysian Educational Technology Association (META) dengan nomor registrasi 778188. ISBN:1675-0292, dibina oleh 8 orang editorial board dari Malaysia dan 11 orang international editorial board dari Kanada, Inggris, New Zealand, Bahrain, Hong Kong, dan India). Peminat yang berniat membaca tulisan di jurnal My.JET atau ingin mengirimkan naskah tulisan, dapat menghubungi alamat penerbitnya, yaitu: Malaysian Journal of Educational Techn-ology (My. JET). Co School of Distance Education, Universiti Sains Malaysia (USM), 11800, Penang, Malaysia. [SKW]

Komentar

Kirim komentar Anda

Gunakan ID